Breaking News:

Berita Pasuruan

Kasus Pemotongan BOP Madin dan Ponpes, Kejari Kota Pasuruan Sita Mobil Milik Tersangka

Mobil ini disita karena patut diduga dibeli menggunakan uang hasil pemotongan BOP.

surya.co.id/galih lintartika
Proses penyerahan mobil toyota kijang warna merah yang diduga dibeli menggunakan uang pemotongan BOP untuk madin dan ponpes di Kota Pasuruan. 

SURYA.CO.ID, PASURUAN - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Pasuruan menyita sebuah mobil Toyota Kijang Nopol N 1057 RG, Kamis (10/6/2021) sore.

Mobil warna merah ini disita dari istri FQ, satu dari lima tersangka kasus dugaan pemotongan Bantuan Operasional (BOP) untuk madin dan ponpes di Kota Pasuruan.

Kasi Intel Kejari Kota Pasuruan Wahyu Susanto mengatakan, mobil ini disita karena patut diduga dibeli menggunakan uang hasil pemotongan BOP.

"Penyitaan ini dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan tersangka. Dalam pemeriksaan, tersangka mengakui mobil dibeli dari uang potongan BOP," katanya.

Menurut dia, mobil tahun 1991 ini diduga merupakan hasil tindak pidana.

Makanya, sesuai dengan KUHAP, penyidik menyita mobil ini.

"Mobil ini dibeli bulan November, saat proses penyaluran BOP. Untuk harganya, masih kami dalami karena perlu kami cek ke lapangan harga pasaran mobil ini," jelasnya.

Baca juga: Jadwal Terbaru Layanan Rapid TestAntigen dan GeNose C19 di Stasiun Daop 8 Surabaya

Baca juga: Penyekatan di Jembatan Suramadu, RS Lapangan Indrapura Terus Siaga dan Siapkan 400 Bed

Disampaikan dia, penyidik mulai menelusuri aliran uang yang didapatkan dari hasil tindak pidana atau pemotongan BOP untuk madin dan ponpes.

"Kami akan cek semuanya. Bukan tidak mungkin, penyidik akan melakukan penyitaan kembali jika ada perkembangan dalam pemeriksaan," tambah dia.

Terpisah, Direktur Pusat Studi Advokasi dan Kebijakan (PUSAKA) Lujeng Sudarto medorong Kejaksaan untuk tidak hanya menyita harta para tersangka.

Halaman
12
Penulis: Galih Lintartika
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved