Breaking News:

Berita Kediri

Dorong Partisipasi Warga untuk Divaksin, Kelurahan di Kota Kediri Ini Siapkan Hadiah Rp 10 Juta

hadiah total Rp 10 juta itu disiapkan Kelurahan Ngronggo kepada RW yang berhasil menghimpun warga terbanyak untuk ikut vaksinasi.

surya/didik mashudi
Masyarakat Kelurahan Ngronggo Kota Kediri yang akan mengikuti vaksinasi Covid-19 melakukan pengukuran tensi, Jumat (11/6/2021). 

SURYA.CO.ID, KEDIRI - Kesadaran warga di Kota Kediri atas pentingnya vaksinasi untuk melawan paparan Covid-19 memang tinggi, tetapi juga masih banyak yang enggan divaksin. Berbagai cara pun dilakukan untuk menaikkan partisipasi warga yang divaksin, salah satunya dengan menyiapkan hadiah total Rp 10 juta.

Benar, hadiah total Rp 10 juta itu disiapkan Kelurahan Ngronggo kepada RW yang berhasil menghimpun warga terbanyak untuk ikut vaksinasi.

Heru Sugiarto, Lurah Ngronggo menuturkan, mengajak warga ikut vaksinasi itu susah-susah gampang. Terutama masyarakat awam yang belum begitu familiar dengan istilah vaksinasi Covid-19. Namun pihak kelurahan mencari solusi efektif demi tercapainya target vaksinasi di Kelurahan Ngronggo.

"Ini nanti manfaatnya juga kita rasakan bersama, kita berusaha untuk segera terbebas dari pandemi Covid-19," ungkap Haru, Jumat (11/6/2021).

Hadiah uang dipilih untuk menarik minat warga. Caranya lewat lomba kebersihan antar RW di Kelurahan Ngronggo. 'Dalam lomba kebersihan itu, salah satu indikator utamanya adalah jumlah warga yang mengikuti vaksinasi di satu lingkungan RW. Semakin banyak warga yang mau divaksin, semakin tinggi nilai yang didapatkan," ungkapnya.

Selain itu, ada kriteria lain yang menyumbang angka dalam lomba tersebut. Seperti lingkungan bersih dari jentik nyamuk, penyakit menular, dan tidak ketinggalan bersih dari narkoba juga. "Ini sejalan dengan program Kelurahan Ngronggo Bersinar (Bersih Narkoba)," tambah Heru.

Heru mengatakan, lomba lingkungan bersih dan sehat ini menyasar tiga poin utama. Meliputi bersih Covid-19, bersih lingkungan dan bersih narkoba. "Insya allah pada 26 Juni akan kita adakan penilaian lomba kebersihan dengan ketiga indikator utama tadi," jelasnya.

Sementara guna mengajak warga untuk mewaspadai Covid-19 dan bersedia divaksin, pihaknya terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada warganya. "Kita edukasi warga, baik secara langsung, melalui WhatsApp grup, hingga melalui ibu-ibu kader PKK setempat," tambahnya.

Terobosan ini disambut positif Retno Wulansari, salah satu kader RT1/RW1 Kelurahan Ngronggo dan menyebutnya terobosan bagus, sekaligus dapat mengedukasi masyarakat untuk mengikuti vaksinasi. Diharapkan dengan semakin banyak warga yang mau divaksin, semakin besar pula kemungkinan segera terbebas dari pandemi Covid-19.

Di Kelurahan Ngronggo, sedikitnya ada 600 orang yang terdiri dari pelayan publik dan lansia yang terdaftar sebagai penerima vaksinasi Covid-19 yang dilakukan oleh Puskesmas wilayah selatan. Data tersebut akan terus bertambah hingga target keseluruhan tercapai. ***

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved