Breaking News:

Berita Nganjuk

Agar Pupuk Bersubsidi Tak Salah Sasaran, Dispertan Nganjuk Verifikasi Data Penerima

verifikasi dan validasi penyaluran pupuk bersubsidi yang dilakukan di setiap wilayah BPP Kecamatan tersebut juga sebagai koordinasi.

surya/ahmad amru muiz
Kegiatan verifikasi penerimaan pupuk bersubsidi oleh Dispertan Nganjuk, Jumat (11/6/2021). 

SURYA.CO.ID, NGANJUK - Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Nganjuk berusaha melakukan verifikasi dan validasi penyaluran pupuk bersubsidi tahun 2021. Hal itu dilakukan sebagai upaya mencegah terjadinya salah sasaran dalam penyaluran pupuk bersubsidi di Nganjuk.

Sekretaris Dispertan Nganjuk, Fefri Hendra Wasono mengatakan, verifikasi dan validasi data penyaluran pupuk bersubsidi dilakukan dengan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) tingkat Kecamatan. Ini karena data penyaluran pupuk bersubsidi ada di BPP Kecamatan.

"Hasil dari rakor validasi dan verifikasi data oleh petugas verifikator tersebut akan menjadi acuan untuk penyaluran pupuk bersubsidi kepada petani," kata Fefri Hendro Wasono, Jumat (11/6/2021).

Selain itu, dikatakan Fefri, verifikasi dan validasi penyaluran pupuk bersubsidi yang dilakukan di setiap wilayah BPP Kecamatan tersebut juga sebagai koordinasi. Sekaligus sosialisasi penyaluran pupuk bersubsidi e-Verval dan t-Pubers tahun 2021 sehingga tepat sasaran.

Tingkat penyaluran pupuk bersubsidi di Nganjuk, menurut Fefri, dilakukan melalui beberapa tahapan. Yakni mulai dari Produsen Pupuk, Distributor Pupuk, Kios Pupuk, hingga sampai ke tangan Petani secara langsung.

Hingga sekarang sesuai evaluasi di lapangan, masih ada yang tidak sinkron antara data yang ada di kios pupuk dengan catatan petugas dalam aplikasi e-Verval.

"Dan melalui validasi dan verifikasi itulah nantinya data di kios dan e-Verval bisa sama, sehingga diharapkan penerima pupuk bersubsidi di Nganjuk sesuai dengan data yang ada," tutur Fefri. ****

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved