Breaking News:

Berita Situbondo

Puluhan Warga Madura Diperiksa di Pelabuhan Situbondo, Mengaku Belum Di-Rapid Sebelum Menyeberang

Ningsih, salah seorang penumpang dari Sumenep mengaku tidak menjalani rapid test dulu saat berangkat.

surya/izi hartono
Para penumpang kapal asal Pulau Sepudi Sumenep mendapatkan Rapid Test Antigen di Pelabuhan Kalbut Situbondo, Kamis (10/6/2021). 

SURYA.CO.ID, SITUBONDO - Penyekatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lintas penyeberangan laut, terus digencarkan Pemkab Situbondo. Kamis (10/6/2021), pelaksanaan rapid test antigen kembali dilakukan, kali ini pada puluhan penumpang dari dua kapal motor yang baru bersandar di Pelabuhan Kalbut, Kecamatan Mangaran.

Kedua kapal tersebut berangkat dari Pulau Sepudi, dan begitu bersandar di Pelabuhan Kalbut langsung diperiksa petugas Satgas Covid-19 Situbondo. Para penumpang diarahkan memasuki ruangan pelabuhan untuk mengikuti rapid test antigen dengan pengawasan petugas gabungan Koramil, Polsek dan Pelabuhan Kalbut.

Setelah proses pemeriksaan detail, ternyata tidak ada satu pun penumpang yang reaktif atau bahkan terkonfirmasi positif Covid-19.

Ningsih, salah seorang penumpang dari Sumenep mengaku tidak menjalani rapid test dulu saat berangkat. Karena para penumpang langsung disuruh naik ke kapal setelah membeli tiket. "Tidak ada (rapid test), saya langsung disuruh naik ke kapal," tutur Ningsih saat menunggu antrean pemeriksaan.

Sementara anggota Satgas Covid 19 Kecamatan Mangaran, drg Dina Fitria mengatakan, pihaknya sengaja memperketat rapid test antigen pada para penumpang kapal-kapal dari Madura. Dan ia menegaskan bahwa rapid test antigen itu gratis.

"Semua penumpang yang masuk ke Situbondo harus mengikuti rapid test dulu. Tetapi kalau sudah membawa hasil negatif rapid test sebelum berangkat, mereka tidak perlu lagi mengikuti pemeriksaan kesehatan di sini," terang Dina kepada SURYA.

Ia tidak merinci berapa jumlah penumpang dari dua kapal tersebut, tetapi tidak semua membawa surat keterangan bebas Covid-19. "Tidak sampai lima orang yang membawa surat keterangan bebas Covid," jelasnya.

Sementara Kepala Pelabuhan Kalbut, Abdul Latif Sarjono mengatakan, pihaknya hanya memfasilitasi kegiatan rapid test yang dilakukan Satgas Covid 19 Kecamatan Mangaran. "Kami hanya menyediakan tempat untuk tes rapid," kata Sarjono. ****

Penulis: Izi Hartono
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved