Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Program Diskon Pajak Kendaraan Bermotor Akan Berakhir, Pendapatan Pemprov Jatim Rp 1 Trilliun Lebih

Program diskon pokok pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur akan berakhir 24 Juni 2021 mendatang.

Instagram/surya/fatimatuz zahroh
Program diskon pokok pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur akan berakhir 24 Juni 2021 mendatang. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Program Diskon Ramadhan yang memberikan diskon pokok pajak kendaraan bermotor, bebas denda keterlambatan pajak kendaraan bermotor hingga bebas pajak untuk kendaraan listrik di Jawa Timur akan berakhir 24 Juni 2021 mendatang.

Hingga Kamis (10/6/2021) ini, program yang diinisiasi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa guna membantu masyarakat di tengah pandemi covid-19 tersebut telah dimanfaatkan oleh 2,2 juta wajib pajak.

Dan total insentif yang diberikan Gubernur Jatim pada pemilik kendaraan Jawa Timur telah mencapai angka sebesar Rp 68,8 miliar. Dan pendapatan yang telah diraup Pemprov Jatim lewat program Diskon Ramadhan ini telah mencapai Rp 1,02 trilliun.

Plt Kepala Bapenda Jawa Timur, M Yasin mengatakan, bahwa animo masyarakat memanfaatkan program ini sangat besar. Mereka berbondong-bondong memanfaatkan program ini untuk melunasi kewajiban pembayaran pajak kendaraan bermotor mereka.

"Alhamdulillah respon atau animo masyarakat tinggi sekali. Dan di masa pandemi ini, juga banyak yang memanfaatkan layanan pembayaran via online. Dari seluruh wajib pajak yang memanfaatkan program ini, yang melakukan pembayaran secara online ada sekitar 300 ribu wajib pajak," kata Yasin, Kamis (10/6/2021).

Pembayaran online dilakukan melalui kanal pembayaran pajak secara online melalui E-Samsat, Bank Jatim, Tokopedia, Link Aja, Griya Bayar, Indomaret, Alfamart, dan Pos Indonesia.

Sebagaimana diketahui, kebijakan Diskon Ramadhan diberlakukan sejak 20 April 2021 lalu hingga 24 Juni 2021 mendatang.

Program ini memberikan bebas sanksi administrasi keterlambatan membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Selain itu juga diberikan diskon atau pengurangan pokok Pajak Kendaraan Bermotor. Yang besarannya untuk R2 dan R3 sebesar 15 persen, dan untuk R4 sebesar 5 persen dari nominal pokok pajak. Selain itu juga diberikan bebas PKB untuk kendaraan listrik yang lama maupun baru.

Lebih lanjut, Kepala Bidang Pajak Bapenda Jatim, M Purnomo Sidi menjelaskan bahwa program Diskon Ramadhan memberikan perolehan pendapatan yang cukup signifikan bagi Jawa Timur.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved