Breaking News:

Berita Surabaya

Peringati Bulan Bung Karno, Untag Surabaya Ajak Milenial Contoh Sosok Sang Proklamator

Wawasan kebangsaan di masa pandemi menjadi perhatian Untag Surabaya dalam memperingati Bulan Bung Karno dan Hari Lahir Pancasila.

Istimewa
Sarasehan Nasional Kebangsaan yang digelar Untag Surabaya secara daring. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Wawasan kebangsaan di masa pandemi menjadi perhatian Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya dalam memperingati Bulan Bung Karno dan Hari Lahir Pancasila.

Melalui Sarasehan Nasional Kebangsaan, Untag Surabaya menghadirkan anggota DPR RI, Djarot Syaiful Hidayat dan Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof Dr Hariyono sebagai pemateri.

Dalam kesempatan itu, Djarot mengungkapkan perlunya mengembalikan jiwa patriotik dan nasionalisme.

Dia mengambil contoh figur Bung Karno dengan seluruh sikap dan tindakan cinta tanah air berdasarkan nilai theisme, sosialisme dan nasionalisme.

"Memang perubahan dan kemajuan jaman berdampak negatif pada berbagai aspek, baik politik, ekonomi hingga budaya. Ini terjadi karena nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, wujud dan jatidiri bangsa serta Trisakti dilupakan" tegasnya, Kamis (10/6/2021).

Ia juga menyayangkan banyaknya generasi milenial yang tidak lagi mengenal sejarah Indonesia.

Oleh karena itu, dia berharap dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh lembaga pendidikan seperti sekolah, agar memasukkan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme.

Misalnya dengan pengadaan program volunteer atau sukarelawan.

"Adanya kegiatan seperti ini saya harap menjadi wadah bagi generasi milenial mempelajari nilai-nilai Pancasila. Adanya empati saat membantu masyarakat, itu sudah merupakan nilai Pancasila. Kemudian bergaul dengan berbagai macam suku, agama dan ras, itu sudah masuk nilai toleransi. Hal yang seperti ini perlu dikembangkan dengan konteks kekinian," jabarnya.

Lebih lanjut, kemajuan teknologi juga bisa menjadi wadah merevitalisasi jiwa patriotik dan nasionalisme pemuda dengan adanya konten-konten yang diisi dengan nilai-nilai nasionalis dan kearifan Indonesia.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved