Breaking News:

Berita Jember

Maling Spesialis Sasar Masjid di Jember Ditangkap, Dihajar Warga Baru Diserahkan ke Polisi

Tersangka telah melakukan kejahatan serupa di sejumlah kecamatan di Jember, lokasi yang disasar semuanya masjid.

Istimewa/Tangkapan layar
Video penangkapan Yuda, maling spesialis sasar masjid di Jember tersebar di sejumlah grup WA. Beberapa warga berusaha memukuli Yuda yang lehernya dipegangi oleh warga untuk diserahkan ke polisi. 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Seorang warga Desa Lengkong, Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember, Yuda (30) ditangkap warga ketika mencuri peralatan elektronik di Masjid Baitul Muttaqin, di Desa Sukamakmur, Kecamatan Ajung.
Bahkan Yuda sempat dihajar warga sebelum akhirnya diserahkan ke Polsek Jenggawah.

Polisi yang mendapatkan penyerahan maling dari warga, langsung melakukan penyelidikan. "Ternyata tersangka ini telah melakukan kejahatan serupa di sejumlah kecamatan di Jember, lokasi yang disasar semuanya masjid," ujar Kanit Reskrim Polsek Jenggawah Aiptu Akhmad Rinto, Kamis (10/6/2021).

Yuda ditangkap warga Rabu (9/6/2021) sore saat beraksi di masjid Baitul Muttaqin Desa Sukamakmur Kecamatan Ajung. Lelaki itu berpura-pura istirahat di masjid tersebut. Saat sepi, dia mencongkel lemari masjid yang berisi peralatan elektronik seperti mixer dan perangkat pengeras suara (sound system). Dia mengambil mixer dan perangkat pengeras suara.

Aksi Yuda terpergok warga. Warga pun langsung menangkap Yuda. Video penangkapan Yuda tersebar di sejumlah grup WA. Nampak, beberapa warga berusaha memukuli Yuda yang lehernya dipegangi oleh warga untuk diserahkan ke polisi.

Dalam penyelidikan lebih lanjut, ternyata Yuda juga telah mencuri peralatan elektronik sejumlah masjid, antara lain di Kecamatan Jenggawah, Tempurejo, Sumbersari, juga Kaliwates.

"Sasarannya semuanya masjid, rata-rata yang diambil peralatan elektronik, juga ada pompa air, dan peralatan CCTV. Seperti di Jenggawah, ada tiga masjid," imbuh Rinto.

Kini polisi masih mengembangkan penyelidikan kasus tersebut. Yuda sendiri telah mendekam di sel Polsek Jenggawah.

Dari catatan kepolisian, rupanya lelaki itu bukan kali ini saja berurusan dengan polisi. Empat tahun lalu, dia pernah mendekam di Lapas Jember karena menjadi bermasalah dalam kasus pencabulan terhadap anak.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved