Breaking News:

Cerita Satu RT di Sleman Jalani Lockdown, Bermula 34 Warga Positif Covid-19

Satga Covid-19 di Sleman memberlakukan kebijakan lockdown pada Satu Rukun Tetangga (RT) di Dusun Plosokuning V, Desa Minomartani,

Editor: Suyanto
surya.co.id/samsul hadi
ILUISTRASI - Seorang buruh pabrik rokok di Kota Blitar sedang menjalani skrining kesehatan sebelum disuntik vaksin Covid-19, Kamis (10/6/2021). 

SURYA.co.id I YOGYAKARTA - Satga Covid-19 di Sleman memberlakukan kebijakan lockdown pada Satu Rukun Tetangga (RT) di Dusun Plosokuning V, Desa Minomartani, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman.

"Awal kasus itu ada satu warga yang bergejala," ujar Camat Ngaglik, Subagyo saat dihubungi, Kamis (10/6/2021).

Subagyo menyampaikan, warga yang mengalami gejala tersebut kemudian memeriksakan diri. Orang yang mengalami gejala ini warga RT 022 RW 009. "Mengalami gejala lalu periksa mandiri. Hasil periksa mandiri itu positif," tegasnya.

Dari hasil positif tersebut kemudian langsung ditindaklanjuti dengan tracing kontak erat. Hasil tracing tersebut didapati ada yang terkonfirmasi positif.

Diketahui ada hasil yang terkonfirmasi positif, tracing kontak erat kembali dilakukan. "Hari ini ada 23 (yang positif Covid-19), jadi totalnya 34 orang. Di kampung tidak ada kegiatan, mungkin karena tetangga bertemu," ucap Subagyo.

Menurut Subagyo, saat ini warga yang terkonfirmasi positif telah dibawa ke Rusunawa Gemawang untuk menjalani isolasi. Terkait adanya puluhan warga yang positif Covid-19, lanjutnya, pihaknya sudah merencanakan untuk melakukan lockdown. Rencananya lockdown akan dilakukan di satu RT. "Iya ada (lockdown) ini tadi direncanakan satu RT 22," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Ngaglik I Khamidah Yuliati menambahkan, kasus ini berawal dari satu keluarga yang terpapar Covid-19. "Jadi, awalnya yang disampaikan ke kami ada 7 orang dalam satu keluarga," ungkapnya.

Dari kasus tersebut, kemudian dilakukan tracing kontak erat. Terima kasih telah membaca Kompas.com. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Khusus tracing untuk RT 022 sudah selesai. Namun, tracing masih dilakukan terhadap kontak erat 23 orang tambahan yang positif Covid-19. "Kita akan menindaklanjuti 23 ini sedang kita cari datanya yang ada di desa," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "34 Warga Positif Covid-19, Satu RT di Plosokuning V Sleman "Lockdown""

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved