Breaking News:

Berita Surabaya

Pertama Kali, Empat Perguruan Tinggi di Indonesia Masuk Peringkat 500 Besar Dunia

Selama 5 tahun terakhir Unair naik lebih dari 200 poin. Dari yang tahun sebelumnya berada di ranking 520 - 530, naik 65 poin di tahun 2021 ini.

SURYA.CO.ID/Sugiharto
Rektor Unair, Prof M Nasih (kiri) menjelaskan, dalam lima tahun terakhir peringkat Unair sebagai universitas terbaik dunia terus meningkat menjadi 465 dunia, Rabu (9/6/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Lembaga pemeringkatan universitas dunia Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings (WUR) kembali merilis daftar perguruan tinggi terbaik dunia.

Selama beberapa tahun hanya tiga universitas di Indonesia yang bisa menembus peringkat 500 besar dunia, yaitu Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, dan Institut Teknologi Bandung.

Tetapi tahun ini, Universitas Airlangga berhasil meraih peringkat 465, naik 65 poin dari peringkat tahun lalu.

Rektor Unair, Prof Moh Nasih capaian prestasi ini tentu membanggakan bagi Unair. Pasalnya, selama bertahun-tahun, perangkingan perguruan tinggi versi QS World University didominasi tiga perguruan besar di Indonesia.

"Ranking ini wujud pengakuan dari orang luar, melalui proses assesment dan penilaian ini kita anggap sebagai pengakuan atas reputasi yang dimiliki Unair. Alhamdulillah Indonesia punya empat perguruan tinggi yang masuk di 500 top dunia versi QS mengikuti UGM, UI dan ITB," jelas Rektor Unair, Prof Moh Nasih, Rabu (9/6/2021).

Perangkingan versi QS World University ini mengalami pencapaian yang signifikan bagi Unair.

Pasalnya, dikatakan Prof Moh Nasih, selama 5 tahun terakhir Unair naik lebih dari 200 poin. Dari yang tahun sebelumnya berada di ranking 520 - 530, naik 65 poin di tahun 2021 ini.

"Opini yang berkembang di publik selama ini untuk mencapai ranking tertentu meski memperbanyak publikasi, dosen dan mahasiswa international. Semua dipaksa untuk nulis, artikel dan publikasi di QS. Untuk kasusnya Unair jalannya berbeda. Pencapaian 500 lebih ini banyak dilakukan di tiga indikator penting," urainya.

Tiga indikator utama yang dimaksud yakni Academic Reputation yang berkaitan dengan kerjasama dan jejaring dengan para peneliti maupun akademisi seantero dunia.

Mengingat selama lima tahun terakhir 87 institusi yang masuk di top 100 berkerjasama dengan Unair. Pada indikator ini, Unair berada di posisi 310 top dunia, meningkat 40 point di banding tahun sebelumnya.

Halaman
123
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved