Breaking News:

Berita Situbiondo

Penyekatan di Penyeberangan Sumenep-Situbondo, Baru Dua ABK Positif Covid-19

Penyekatan itu berupa pemeriksaan kesehatan yaitu swab test antigen di Pelabuhan Panarukan, salah satu pelabuhan penyeberangan dari Sumenep ke Situbon

surya/izi hartono
Petugas Puskesmas Situbondo melakukan swab test antigen kepada awak dan nahkoda kapal motor di Dermaga Pelabuhan Panarukan, Rabu (9/6/2021). 

SURYA.CO.ID,SITUBONDO - Pemeriksaan terhadap masyarakat lintas kabupaten di Madura setelah ledakan kasus Covid-19 di Bangkalan, semakin diperketat. Selain di jembatan Suramadu dan penyeberangan Pelabuhan Kamal-Tanjung Perak, penyekatan ternyata juga dilakukan Muspika Panaruka, Situbondo.

Penyekatan itu berupa pemeriksaan kesehatan yaitu swab test antigen di Pelabuhan Panarukan, salah satu pelabuhan untuk penyeberangan dari Sumenep ke Situbondo. Tempat persinggahan kapal penyeberangan dari Madura juga berada di Pelabuhan Jangkar.

Sebelumnya, tim Satgas Covid-19 Kecamatan Jamgkar melakukan swab test antigen terhadap seluruh penumpang kapal fery di Pelabuhan Jangkar. "Hasilnya, dua penumpang positif Covis-19 dan saat ini diisolasi di Pusat Kesehatan Masyarakat PKM Arjasa," kata Sekda Situbondo, Syaifullah.

Dan Rabu (9/6/2021), kapal-kapal dari Madura yang bersandar di Pelabuhan Panarukan juga diperiksa petugas gabungan. Semua nahkoda dan anak buah kapal (ABK) motor asal Madura diminta mengikuti swab test antigen.

Pemeriksaan massal itu melibatkan petugas Puskesmas, Polsek dan Koramil serta KSOP Wilker IV Panarukan. Tujuannya memgantisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah Situbondo.

Tim gabungan Muspika yang dikomandani Kepala Puskesmas Panarukan, dr Imam Hariyono langsung turun menyisir perahu motor dan kapal yang bersandar. Dan dari hasil pemeriksaan, ternyata hasilnya negatif.

Imam mengatakan, pihaknya juga melakukan tracing bersama lintas sektoral, di antaranya Kapolsek, Danrami serta KSOP Panarukan. Tracing ini dilakukan karena maraknya pemberitaan pandemi yang terjadi di Madura. "Yang kita swab adalah para nahkoda dan ABK. Alhamdulillah semua hasilnya negatif," katanya.

Sementara terkait temuan positif di Pelabuhan Jangkar, Pemkab Situbondo berkoordinasi dengan pihak Pelabuhan Sumenep, Madura, agar para penumpang dari Madura terlebih dahulu mengikuti swab test.

"Jika ditemukan penumpang yang swabnya positif, akan dikoordinasikan dengan Pemkab dan Dinkes (Sumenep)," pungkasnya. ****

Penulis: Izi Hartono
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved