Breaking News:

Travel

Wacana Pembangunan Jembatan Kaca di Kawasan Gunung Bromo, Begini Tanggapan TNBTS

Wacana tersebut akan diterapkan di dua daerah, yakni di wilayah Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Malang.

Editor: Titis Jati Permata
surya.co.id/ahmad zaimul haq
Sejumlah wisatawan menikmati keindahan kawasan Gunung Bromo dan Gunung Batok dari Penanjakan II (Seruni Point) di Kawasan Taman Nasinoal Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Probolinggo, sebelum pandemi covid-19. 

SURYA.CO.ID, MALANG - Pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR berencana akan membangun jembatan kaca di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Wacana tersebut akan diterapkan di dua daerah, yakni di wilayah Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Malang.

Menanggapi hal tersebut, Plt Kepala Balai Besar TNBTS, Novita Kusumawardhani mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan informasi terkait wacana pembangunan jembatan kaca tersebut pada awal tahun 2021.

Bahkan, telah ada survei dan pertemuan yang dilakukan Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga, Pemerintah Kabupaten Probolinggo dengan masyarakat suku Tengger.

Akan tetapi, dalam proses pembangunan yang dilakukan di kawasan TNBTS harus melalui sejumlah aturan berdasarkan regulasi yang ada.

Dikarenakan, TNBTS memiliki kawasan tujuh zonasi, yang terbagi ke dalam zona inti, zona rimba, zona pemanfaatan, zona tradisional, zona rehabilitasi, zona religi sejarah dan budaya, serta zona khusus.

"Pada prinsipnya secara zona nanti harus dilihat dulu cocok dan tidaknya. Karena hal tersebut membutuhkan sebuah kajian yang matang. Karena dalam melakukan pembangunan di TNBTS ada syarat dan ketentuan yang telah diatur oleh undang-undang," ucapnya dalam kegiatan sarasehan TNBTS pada Sabtu, (5/6/2021).

Berdasarkan informasi yang diterima TNBTS, wacana pembangunan kaca tersebut merupakan proyek masterpiece wisata yang beda dari lain.

Untuk di Kabupaten Probolinggo, rencananya jembatan kaca tersebut akan dibangun di daerah Cemoro Lawang, Ngadisari, Kecamatan Sukapura.

Lokasi tersebut dipilih, karena memiliki pemandangan yang cukup bagus.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved