Breaking News:

Berita Jember

Sempat Melandai, Jember Dikagetkan 12 Kasus Positif dari Klaster Keluarga; Juga Ditularkan TKI

Tiga klaster keluarga itu masing-masing di Kecamatan Tanggul lima orang, Kecamatan Patrang empat orang, dan Kecamatan Jenggawah tiga orang.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Deddy Humana
surya/sri wahyunik
Petugas BPBD Jember menyemprotkan disinfektan di lokasi acara sebagai salah satu penerapan protokol kesehatan di Pemkab Jember, Senin (7/6/2021). 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Setelah sebulan terakhir angka kasus baru Covid-19 melandai, Jember dikejutkan tambahan 12 kasus positif dari tiga klaster keluarga dari tiga kecamatan. Temuan klaster keluarga itu disampaikan Satgas Penanganan Covid-19 saat merilisnya dua hari terakhir, yaitu Sabtu (5/6/2021), dan Minggu (7/6/2021).

Tiga klaster keluarga itu masing-masing di Kecamatan Tanggul sebanyak lima orang, Kecamatan Patrang empat orang, dan Kecamatan Jenggawah ada tiga orang.

Klaster keluarga pertama di Kecamatan Tanggul terjadi di sebuah keluarga di Desa Tanggul Wetan. Lima orang anggota keluarga di sana dinyatakan positif Covid-19 setelah mengikuti swab test.

Paparan Covid-19 di keluarga itu diketahui ketika seorang anggota keluarga melakukan swab test untuk syarat dokumen perjalanan dinas. Swab test pada orang tersebut menunjukkan hasil positif terpapar Covid-19.

Petugas kesehatan kemudian melakukan swab test kepada empat orang anggota keluarga lain yang kontak erat dengan orang pertama. Dari situ, empat orang kontak erat di keluarga itu juga positif Covid-19.

Dua orang anggota keluarga tersebut bekerja di dua instansi berbeda. Petugas Puskesmas setempat akhirnya juga melakukan pelacakan kepada kontak erat yaitu teman kerja dua orang yang dinyatakan positif. Kini satu keluarga yang terpapar Covid-19 itu menjalani isolasi mandiri di desa setempat.

Sedangkan klaster keluarga di Kecamatan Patrang menimpa empat orang. Kasus di keluarga di Kelurahan Gebang ini bermula dari kepulangan seorang pekerja migran (TKI) ke keluarga tersebut. TKI itu diketahui positif, namun pulang ke Jember setelah dijemput keluarganya.

Petugas yang mendapatkan informasi kepulangan TKI itu pun melakukan pelacakan dan pengetesan kepada keluarga pekerja itu. Diketahui ada empat orang yang terpapar Corona.

Sedangkan klaster keluarga di Kecamatan Jenggawah ditemukan dari satu orang penghuni rumah yang masuk ke ruang perawatan ICU RS Bina Sehat Jember pada 23 Mei 2021. Pada 24 Mei, adik dari pasien tersebut meninggal di rumah tanpa diketahui statusnya apakah positif atau negatif Covid-19.

Petugas kesehatan kemudian melacak kontak erat keluarga itu, dan diketahui ada tiga orang positif Covid-19. Kini mereka yang terpapar menjalani isolasi mandiri.

Halaman
12
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved