Breaking News:

Berita Sidoarjo

Merajut Asa Dalam Semarak HLUN, Dinkes Jatim Vaksin 1000 Lansia di Sidoarjo

Pemprov Jatim melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim resmi menggelar sistem “jemput bola” untuk vaksinasi (Covid-19) kalangan lansia dalam rangka meny

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Adrianus Adhi
SURYA.co.id/Fikri Firmansyah
1000 warga lansia asal Sidoarjo dari sejumlah kecamatan nampak antusias mengikuti pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan oleh Dinkes Jatim. Sabtu (5/6/21) di MPM Learning Center. 

SURYA.co.id, SURABAYA - Pemprov Jatim melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim resmi menggelar sistem “jemput bola” untuk vaksinasi (Covid-19) kalangan lansia dalam rangka menyemarakan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2021 di MPM Learning Center, Sedati. Sabtu (5/6/21).

Pelaksanaan vaksinasi sistem jemput bola tersebut sebelumnya telah digaungkan dan diintrusikan pula oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa kepada jajarannya.

Khusus kategori lansia sendiri, orang nomor 1 di Jatim itu berharap agar vaksinasi bisa dijalankan dengan sistem pendekatan dan pendampingan untuk meyakinkan agar tidak ada kekhawatiran.

"Dalam upaya mengejar rampungnya target 100 persen vaksinasi di Jatim, ASN, toga dan tomas perlu menggunkan sistem jemput bola dan juga juga sosialisasi lebih masif secara langsung melalui berbagai media dengan mendatangi titik-titik tertentu atau diselenggarakan terpusat di satu tempat," katanya dalam keterangan rilisnya, Sabtu (5/6/2021).

Sementara itu, ada sebanyak 1000 orang kategori lansia yang antusias mengikuti vaksinasi yang diselenggarakan oleh Dinkes Jatim dengan bekerja sama oleh MPM Honda.

Mereka (Para Lansia) yang ikut progam vaksinasi ini berasal dari sejumlah kecamatan yang ada di Sidoarjo, diantaranya Waru, Sedati, Tropodo, Gedangan dan masih banyak lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, dr Herlin Ferliana mengungkapkan kegiatan vaksinasi lansia di MPM Learning Center ini merupakan progam guna mencapai target vaksin lansia 100 persen di akhir Juni 2021.

"Sesuai arahan Ibu Gubernur, akhir Juni kami harapkan vaksinasi lansia sudah rampung 100 persen," ujar dr Herlin kepada TribunJatim.com.

Dikatakan pula dr Herlin, vaksinasi ini juga upaya agar kekebalan tubuh yang dimiliki para lansia bisa meningkat.

Adapun untuk para lansia yang mengikuti vaksinasi di MPM ini merupakan vaksin yang pertama.

"Setelah mereka (para lansia) mengikuti vaksin yang pertama ini, maka untuk yang keduanya bisa dilakukan di masing-masing puskesmas sesuai domisili," imbuhnya.

dr Herlin juga mengatakan dengan telah divaksinasinya sebanyak 1000 lansia di MPM ini, maka total jumlah warga lansia di Jatim yang telah divaksin tercatat ada sebanyak 600 ribu orang atau baru 23,6  persen.

"Target 100 persen vaksinasi untuk lansia sendiri ada sebanyak 2,6 juta orang," pungkasnya

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved