Breaking News:

Berita Jember

Kunjungi Jember, Kemendag Dorong Aktifnya Gudang Sistem Resi Gudang (SRG) untuk Bantu Petani

Kementerian Perdagangan RI terus mendorong aktifnya gudang yang memiliki Sistem Resi Gudang (SRG) di Indonesia.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: irwan sy
sri wahyunik/surya.co.id
Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga, saat berada di Jember mendorong aktifnya gudang yang memiliki Sistem Resi Gudang (SRG). 

Berita Jember
Reporter: Sri Wahyunik
Editor: Irwan Sy

SURYA.co.id | JEMBER - Kementerian Perdagangan RI terus mendorong aktifnya gudang yang memiliki Sistem Resi Gudang (SRG) di Indonesia.

Berdasarkan data dari Kemendag RI, sampai saat ini ada 123 gudang SRG yang dibangun oleh Kemendag RI yang dibangun dalam periode tahun 2009 - 2018.

Namun tidak semua gudang SRG itu beroperasi secara optimal.

Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga, saat berada di Kabupaten Jember menyatakan, ada beberapa kendala kenapa masih ada gudang SRG yang tidak bisa beroperasi secara optimal.

"Sebetulnya itu tantangan, lebih kepada pengelolaan. Kemendag sudah memberikan izin. Namun bagaimana bisa jalan memang tergantung pengelolaan di daerah, oleh Pemda kabupaten maupun provinsi. Biasanya memang kesulitan di pengelolaan, dan juga kemandirian pembiayaan. Juga kurang akses penjualan komoditas," ujar Jerry saat berada di Jember, Sabtu (5/6/2021).

Ada 123 unit gudang SRG yang dibangun oleh Kemendag itu tersebar di 105 kabupaten dan kota di 25 provinsi, satu di antaranya berada di Desa Wirowongso, Ajung, Jember.

Wamendag Jerry mengunjungi gudang SRG Jember ketika berkunjung ke Jember.

Ke-123 bangunan tersebut telah dihibahkan pengelolaanya ke Pemda setempat.

Berdasarkan data dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kemendag RI, dari 123 gudang itu, terbagi dalam empat kategori yakni operasional dan berkelanjutan (28 gudang/22,8 persen), operasional dan tumbuh (29 gudang/23,6 persen), pernah dimanfaatkan untuk pelaksanaan SRG namun saat ini status terhenti (43 gudang/35,0 persen), dan sama sekali belum pernah dimanfaatkan untuk pelaksanaan SRG (23 gudang/18,7 persen).

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved