Breaking News:

Berita Lamongan

Langkah Dinkes Lamongan, Gandeng Unair untuk Cegah Penyebaran Covid -19 di Desa Sidodowo

Obat antivirus ini dibagikan ke warga yang tengah menjalani isolasi mandiri di rumah karena terkonfirmasi positif Covid-19.

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Titis Jati Permata
Foto Istimewa BPBD Kabupaten Lamongan
Petugas BPBD melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan dan lorong Desa Sidodowo Kabupaten Lamongan, secara merata, Jumat (4/5/2021) 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN -Dinas Kesehatan (Dinkes) Lamongan bergerak cepat, termasuk bekerjasama dengan Universitas Airlangga (Unair) untuk mendistribusikan obat anti-virus untuk seluruh warga Desa Sidodowo, Kecamatan Modo.

Obat antivirus ini dibagikan ke warga yang tengah menjalani isolasi mandiri di rumah karena terkonfirmasi positif Covid-19.

Selain itu, Dinkes juga berhasil menelusuri dari mana penyebab penyebaran virus Covid-hingga menyasar warga Lamongan tersebut.

"Pagi tadi Dinkes Lamongan mengambil obat antivirus bantuan Unair. Siang ini obat antivirus disampaikan ke warga," kata Kadinkes Lamongan dr Taufik Hidayat kepada wartawan, Sabtu (5/6/2021).

Dikatakan, obat antivirus ini untuk seluruh warga Desa Sidodowo, Kecamatan Modo yang melakukan isolasi mandiri.

Upaya lain adalah Satgas Covid-19 akan melakukan karantina bagi warga positif COVID-19 di ruang isolasi di Rusunawa Lamongan.

Baca juga: Wamendag RI Jerry Sambuaga di Hadapan Wisudawan Unej : Kompetisi Tidak Perlu Ditakuti

Baca juga: Seperti Ini Kondisi Ibu Pembuang Bayi yang Baru Dilahirkan di Nglegok Kabupaten Blitar

Baca juga: Makam Peneleh Kota Surabaya Simpan Jenazah Pejabat Hindia Belanda Modern

"Tim Satgas COVID-19 juga akan menyerahkan paket bantuan sembako bagi warga yang melakukan isolasi mandiri di rumah," ungkapnya.

Berdasarkan hasil penyelidikan epidemilogi yang dilakukan Dinkes Lamongan, masih kata Taufik, peningkatan Covid-19 di Desa Sidodowo ini disebabkan beberapa kasus.

Pertama, asal muasal penyebaran saat warga usai mengikuti acara hajatan pengantin ke Bojonegoro dan acara hajatan lainnya di 2 dusun di Desa Sidodowo, yaitu Dusun Bringin pada 16-17 Mei dan Dusun Kedungsari pada 26-27 Mei 2021 tanpa menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Kedua adalah acara pemulasaran 2 pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa menerapkan protokol kesehatan," jelasnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved