Breaking News:

Press Release

Angkutan Logistik KA Kembali Operasional di Terminal Petikemas Surabaya

Layanan logistik Kereta Api (KA) rute Terminal Petikemas Surabaya (TPS) dengan Stasiun Kalimas, kembali operasional mulai awal Juni 2021

Foto Istimewa Pelindo III
Dirut PT Kereta Api Indonesia (Persero) (PT KAI), Didiek Hartantyo, bersama Dirut Pelindo III, Boy Robyanto, Dirut TPS, Dothy, serta Dirut BMC Logistik, Dirut KBS dan Dirut KJL saat reaktivasi angkutan logistik kereta api dengan terminal TPS, Kamis (3/6/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Layanan logistik Kereta Api (KA) rute Terminal Petikemas Surabaya (TPS) dengan Stasiun Kalimas, kembali operasional mulai awal Juni 2021.

Hal itu setelah penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara empat perusahaan yakni TPS, BMC Logistics, PT Krakatau Jasa Logistik (KJL) dan PT Krakatau Bandar Samudera (KBS), pada tanggal 29 April 2021 lalu, bersamaan dengan momen HUT TPS.

Pada MoU tersebut disepakati untuk melakukan kerjasama dalam kegiatan pengangkutan petikemas m dari dan ke TPS dengan moda transportasi KA.

Sebelumnya, uji coba jalur kereta api angkutan logistik relasi TPS - Stasiun Kalimas telah dilakukan pada Selasa (25/5/2021) dan berjalan dengan lancar.

Selanjutnya, Kamis (3/6/2021), telah dilakukan reaktivasi angkutan logistik KA yang terintegrasi dengan terminal petikemas di TPS oleh Dirut PT Kereta Api Indonesia (Persero) (PT KAI), Didiek Hartantyo, bersama Dirut Pelindo III dan Dirut TPS, Dothy. Hadir pula dalam acara reaktivasi, Dirut BMC Logistik, Dirut KBS dan Dirut KJL.

Pada kesempatan reaktivasi ini, Direktur Utama TPS, Dothy, menyampaikan harapan, dengan adanya kerjasama ini, pengoperasian angkutan logistik kereta api dapat memberikan nilai lebih untuk industri logistik dan kepelabuhanan nasional yang lebih berdaya saing.

“Kerjasama ini juga merupakan upaya dalam mendukung program Kementerian BUMN untuk terus bersinergi, dalam hal ini sinergi antara KAI dan Pelindo III,” ungkap Dothy.

Baca juga: Satgas Covid-19 Pantau Pengumuman Kelulusan Sekolah di Kecamatan Manyar Gresik

Baca juga: 962 Calon Jemaah Haji di Kota Malang Gagal Berangkat ke Tanah Suci Tahun 2021

Baca juga: Pengusaha Tahu dan Tempe Kota Blitar Terseok-seok Pertahankan Produksi di Tengah Pandemi Covid-19

Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo mengatakan jalur kereta api yang terintegrasi dengan terminal petikemas ini akan memberikan kemudahan bagi pemilik barang atau pelaku usaha angkutan logistik yang akan mengirimkan barang dari dan menuju pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Didiek berharap Terminal Petikemas Surabaya yang terintegrasi kembali dengan angkutan kereta api dapat berkontribusi terhadap kemajuan angkutan logistik nasional yang efektif, efisien, dan dapat mengurangi beban logistik di jalan raya.

“Reaktivasi jalur kereta api yang terintegrasi dengan Terminal Petikemas Surabaya selaras dengan visi KAI yaitu menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia,” ungkap Didiek.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved