Breaking News:

Berita Surabaya

Kisah Pilu Nenek Beta Wiludjeng di Surabaya, 2 Kali Batal Haji, Tak Berniat Minta Pengembalian Biaya

Beta Wiludjeng (64) mengaku kaget mendengar kabar bahwa pelaksanaan Ibadah Haji tahun ini kembali dibatalkan.

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Parmin
surya.co.id/luhur pambudi
Ekspresi nenek Beta Wiludjeng saat ditemui di kediamannya, Pulosari 1B/5A, Wonokromo, Surabaya, Kamis (3/6/2021). 

SURYA.co.id |  SURABAYA - Beta Wiludjeng (64) mengaku kaget mendengar kabar bahwa pelaksanaan Ibadah Haji tahun ini kembali dibatalkan.

Nenek tiga orang cucu, warga Wonokromo Surabaya itu menjadi satu calon jemaah haji (CJH) yang dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci tahun 2020, tetapi batal karena pandemi.

Saat itu ia mengaku legawa dan berharap di tahun ini  impiannya berangkat Haji kembali bisa terwujud.

Namun, mendengar kabar bahwa tahun 2021 Kementerian Agama RI kembali memutuskan membatalkan Haji untuk kedua kali, mengaku kaget, tetapi tetap pasrah.

"Ya masih ada pandemi, dan saat ini belum selesai. CJH lainnya juga seperti itu, tertunda ya kami harus ikhlas," ujarnya saat ditemui di kediamannya, Pulosari 1B/5A, Sawunggaling, Wonokromo, Surabaya, Kamis (3/6/2021).

Sejak tahun 2020 kemarin, Beta mengaku sudah memperoleh sejumlah perkakas perlengkapan haji yang diberi dari pihak KBHI. 

Mulai dari tas berukuran kecil, yang lazim digunakan mewadahi berkas. Kemudian, selembar kain yang nanti bisa dijahitkan menjadi seragam keberangkatan jamaah, slayer identitas jamaah, dan mukenah.

"Ada kain lagi, satunya tapi masih ada di tukang jahit," tuturnya.

Bahkan, ungkap Beta, dirinya mengaku sudah mempersiapkan sejumlah buah tangan atau oleh-oleh untuk menyemarakkan kesempurnaan ibadah haji, nanti.

Seperti beberapa setel kain berwarna beragam, yang rencananya akan dibagikan pada ibu-ibu jamaah pengajian rutinan di sekitar permukiman tempatnya tinggal, setelah pulang dari menunaikan Ibadah Haji.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved