Breaking News:

Berita Sidoarjo

Stok Darah di PMI Sidoarjo Menipis, Khususnya untuk Golongan O dan Plasma Konvaselen

Dalam rangka memperingati Hut POM TNI AD ke-75, Sub Denpom V/4-1 Sidoarjo menggelar donor darah. Termasuk donor plasma konvalesen

Penulis: M Taufik | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/M Taufik
Anggota POM TNI AD saat menggelar donor darah di PMI Sidoarjo, Rabu (2/6/2021). 

SURYA.CO.ID, SIDOARJO - Stok darah di PMI Sidoarjo menipis. Khususnya untuk stok darah golongan O yang terhitung hanya ada sisa sekitar 11 kantong.

Demikian disampaikan Kepala Unit Transfusi Darah PMI Sidoarjo, Asyik Yusak, Rabu (2/6/2021). Karena itu, pihaknya mengaku sangat bersyukur ketika ada masyarakat, kelompok masyarakat, institusi dan sebagainya yang melakukan donor darah.

"Semakin banyak warga yang melakukan donor darah akan menolong kebutuhan stok darah di PMI. Dan tentunya, ketika stok darah aman, sewaktu-waktu ada warga atau pasien yang membutuhkan, bisa langsung terpenuhi," kata dia.

Selain stok darah golongan O, yang sedang menipis adalah stok plasma konvaselen. Yakni darah dari penyintas covid-19 yang dibutuhkan dalam proses penanganan pasien covid-19 di Sidoarjo.

"Stok plasma konvaselen ada sisa sekitar enam kantung, itu pun hanya golongan darah A saja. Tapi untuk plasma konvaselen terbilang aman karena belakangan pasien covid-19 di Sidoarjo jauh menurun. Yang lebih dibutuhkan adalah darah golongan O, biasanya kebutuhan sekitar 50 kantong, sekarang stoknya tersisa sebelas saja," imbuhnya.

Melihat kondisi itu, pihak PMI Sidoarjo mengaku sangat berterima kasih ketika ada warga atau kelompok masyarakat yang melakukan donor darah.
Seperti yang dilakukan oleh sejumlah anggota POM TNI AD yang selama dua hari ini menggelar donor darah di PMI Sidoarjo.

Ya, dalam rangka memperingati Hut POM TNI AD ke-75, Sub Denpom V/4-1 Sidoarjo menggelar donor darah. Termasuk donor plasma konvalesen untuk anggota yang pernah terkena corona atau berstatus penyitas Covid-19.

Komandan Sub Denpom V/4-1 Sidoarjo, Kapten Cpm Rifan Hadi Nurhasyim mengatakan, pihaknya tergerak menggelar aksi sosial ini setelah mendengar informasi bahwa stok darah di PMI Sidoarjo kritis.

Bertepatan dengan HUT POM TNI AD, pihaknya pun mengajak para anggota bersama Polri dan organisasi masyarakat lainnya untuk bersama-sama menggelar donor darah.

"Kegiatan ini juga merupakan arahan dari Dan Pomdam V Brawijaya. Selain dari unsur TNI, kami juga menggandeng Polri dan organisasi masyarakat yang ada di Kota Delta dalam kegiatan ini," kata Rifan Hadi di sela kegiatannya.

Donor darah ini digelar selama dua hari, 2 dan 3 Juni 2021, menjelang HUT POM TNI AD, yang jatuh pada tanggal 22 Juni Minggu depan.

“Hari pertama, sebanyak 125 orang yang ikut donor darah. Untuk yang donor plasma konvaselen, tentu harus mengikuti skrining dulu sebelum diambil darahnya," ujarnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved