Breaking News:

Berita Mojokerto

Bupati Mojokerto Dorong Pengembangan Wisata Berbasis Kerakyatan di Mojo Kembangsore Park Pacet

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mendukung mengembangkan sektor pariwisata berbasis kerakyatan di Pasar dan Wisata Rakyat Mojo Kembangsore Park

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Mohammad Romadoni
Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati dalam kegiatan di Mojo Kembangsore Park (MKP), Desa Petak, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. 

SURYA.CO.ID, MOJOKERTO - Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mendukung mengembangkan sektor pariwisata berbasis kerakyatan di Pasar dan Wisata Rakyat Mojo Kembangsore Park (MKP), di Desa Petak, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Ikfina mengatakan, pihaknya mengapresiasi pemerintah desa karena telah berhasil mengembangkan desa wisata Kembangsore Park yang seluruh pembangunannya memanfaatkan dana Bantuan Keuangan (BK) Desa. Apalagi, adanya wisata desa ini juga melibatkan dan memberdayakan masyarakat setempat sehingga dapat mendongkrak perekonomian.

"Kepada semua pihak yang terlibat mulai Pemdes, juga para investor saya harap pembangunan wisata dibarengi dengan basis ekonomi kerakyatan," ungkap Ikfina, Selasa (1/6/2021).

Dia berharap, Desa Petak dapat menjadi desa supporting atau pendukung bagi desa yang lain untuk membangun desa wisata berbasis kerakyatan tersebut.

"Saya sangat mengapresiasi Mojo Kembangsore Park yang sebentar lagi membangun Molagar (Mojokerto Lampion Garden). Desa Petak juga bisa menjadi supporting artinya dapat membantu desa lain di sekitarnya," ucap Ikfina.

Kepala Desa Petak, Supoyo menjelaskan, pembangunan wisata Mojo Kembangsore Park dari bantuan BK Desa tahun 2016 hingga 2020 yang totalnya senilai total Rp 11,7 miliar. Wisata MKP ini berdampak positif terhadap ekonomi dan pemberdayaan masyarakat.

"Kami punya harapan besar agar kawasan ini terus membawa manfaat, pemberdayaan masyarakat dan ekonomi lancar," terangnya.

Menurut Supoyo, pengelolaan wisata MKP kini dijalankan oleh Pemdes bersama BUMDes Petak Jaya, KUD dan masyarakat. Saat ini ada 140 lapak pedagang yang dikelola masyarakat di wisata Mojo Kembangsore Park ini.

Apalagi akan dibangun Molagar atau wisata lampion yang dapat dikunjungi pada siang maupun malam hari.

Konsep Molagar adalah taman lampion di dalam ruangan atau indoor. Nantinya, di setiap sudut dikonsep tematik mulai dari tema 1001 Malam, fantasi anak-anak dan lainnya. Ke depannya, akan ditambah seperti wahana sepeda udara setinggi 11 meter.

"Harapan kami setiap tahun ada wahana baru yang dikembangkan dan ditambah, seperti Molagar yang akan segera kami kerjakan dan diperkirakan selesai pada awal tahun 2022," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved