Breaking News:

Berita Malang Raya

Dosen Keperawatan UB Kembangkan Penelitian untuk Bantu Penderita Diabetes Melitus

"Metode Neuromuscular Taping (NMT) dapat menjadi pilihan intervensi penunjang dari terapi yang sudah ada."

surya.co.id/sylvianita widyawati
Dosen Keperawatan Medikal Bedah Universitas Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (UB) Ns Heri Kristianto SKep MKep SpKep MB 

SURYA.co.id | MALANG - Dosen Keperawatan Medikal Bedah Universitas Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (UB) Ns Heri Kristianto SKep MKep SpKep MB mengembangkan penelitian terkait perbaikan klinis untuk penderita diabetes melitus (DM).

Terutama perbaikan gangguan mikrosirkulasi pada kaki diabetik.

Penelitian tersebut diuji dalam disertasi di Universitas Indonesia (UI) dengan judul “Pengembangan Algoritme Neuromuscular Taping terhadap Perbaikan Klinis Gangguan Mikrosirkulasi pada Kaki Diabetik”. 

Ujian terbuka disertasi dilaksanakan secara daring pada Selasa (25/05/2021). Ia melakukan pengembangan dan pengkajian tatalaksana perbaikan sirkulasi perifer pada kaki diabetik, sebagai usaha untuk mencegah terjadinya ulkus kaki diabetik sebagai petanda komplikasi lebih lanjut.

Dalam rilisnya, Senin (31/5/2021), Diabetes Melitus (DM) menjadi ancaman serius bagi kesehatan manusia.

Sebab dapat menimbulkan komplikasi kronis. Komplikasi makrovaskuler dan mikrovaskuler jika DM tidak terkontrol.

Seperti pada kaki DM yang dikenal dengan istilah Diabetic Foot Syndrome (DFS). DFS dapat menyebabkan gangguan saraf pada kaki DM, dan berpengaruh pada kualitas hidup penyandang DM.

Perawatan pada masalah kaki diabetik selama ini masih berfokus pada upaya penyembuhan luka. Beberapa di antaranya adalah pengobatan dan perawatan luka, manajemen infeksi dan manajemen vaskularisasi.

Sedangkan upaya perawatan sebelum terjadinya luka masih menggunakan terapi untuk mengurangi gejala dengan pendekatan farmakologi.

"Metode Neuromuscular Taping (NMT) dapat menjadi pilihan intervensi penunjang dari terapi yang sudah ada. Sebab ini tidak mempengaruhi aktivitas klien yang terpasang plester," kata dia.

Halaman
12
Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved