Breaking News:

Berita Komunitas

Cara Komunitas Green Nusantara Convertation untuk Lestarikan Lingkungan di Desa Kesemek Bondowoso

Komunitas Green Nusantara Convertation melakukan aksi tanam pohon dan tebar benih ikan di sepanjang sungai di Desa Kesemek, Tenggarang, Bondowoso.

Penulis: Danendra Kusumawardana | Editor: Parmin
surya.co.id/danendra kusumawardana
Sejumlah anggota Komunitas Green Nusantara Convertation tengah menanam pohon pinang di bantaran sungai di Desa Kesemek, Tenggarang, Bondowoso, Senin (31/5/2021). 

SURYA.co.id, BONDOWOSO - Komunitas Green Nusantara Convertation melakukan aksi tanam pohon dan tebar benih ikan di sepanjang sungai di Desa Kesemek, Tenggarang, Bondowoso. 

Hal itu dilakukan sebagai upaya pelestarian limgkungan sekaligus menjaga ekosistem sungai. 

Salah satu anggota Green Nusantara Kholidatul Imaniyah mengatakan masyarakat Desa Kasemek sadar terhadap kelestarian lingkungan. 

Mereka tidak menangkap ikan dengan cara merusak kelestarian lingkungan menggunakan racun dan alat setrum ikan. 

Oleh sebab itu, ia bersama komunitasnya tertarik melakukan konservasi. 

"Karena kita melihat desa kasemek adalah sebuah desa yang bisa dijadikan contoh dasar dalam menjaga konservasi memulai dari gerakan kecil dan kesadaran dari masyarakat," katanya, Senin (31/5). 

Guna menyumbang keanekaragaman hayati di Desa, Green Nusantara menebar bibit ikan nila secara simbolis disepanjang sungai. 

Nantinya, kegiatan tebar ikan dengan jumlah yang lebih banyak akan dilakukan setelah bantuan benih dari Dinas Perikanan Bondowoso datang. 

"Kami sumbang benih ikan itu untuk menambah jenis ikan. Nanti setelah bantuan dari Dinas Perikanan datang, kami bakal tebar ikan kembali," paparnya. 

Mereka juga melakukan aksi kampanye tanam pohon pinang dibantaran sungai untuk mengembalikan ekosistem pohon yang perlahan mulai berkurang. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved