Breaking News:

Berita Pasuruan

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf Pastikan Pembangunan 3 Kantor OPD Di Komplek Raci Bangil Dimulai

Pembangunan 3 kantor OPD (Organisasi Perangkat Daerah) baru di Kawasan Komplek Perkantoran Pemkab Pasuruan, Raci Bangil dimulai.

Pemkab Pasuruan
Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf melihat desain Pembangunan 3 kantor OPD (Organisasi Perangkat Daerah) baru di Kawasan Komplek Perkantoran Pemkab Pasuruan, Raci Bangil. 

SURYA.co.id, Pasuruan - Pembangunan 3 kantor OPD (Organisasi Perangkat Daerah) baru di Kawasan Komplek Perkantoran Pemkab Pasuruan, Raci Bangil dimulai.

Pembangunan gedung OPD ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf dan Wakil Bupati, KH Abdul Mujib Imron, Kamis (27/05/2021) pagi.

Menurut Bupati Irsyad, pembangunan 3 kantor ini merupakan bagian dari percepatan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 27 Tahun 2016 tentang Pemindahan Ibukota Kabupaten Pasuruan yang sudah ditandatangani Presiden Joko Widodo.

Dengan ditetapkannya Kecamatan Bangil sebagai Ibukota Kabupaten Pasuruan, maka Pemkab Pasuruan secara bertahap akan memindahkan semua perkantoran dan administrasi pelayanan ke wilayah Kecamatan Bangil.

“Setelah ditetapkan, kami mendata ada 60% seluruh asset Kabupaten Pasuruan sudah berada di wilayah Bangil. Maka dari itu, beberapa perkantoran sudah kita bangun dan pindah di Raci seperti Dispendik, Pertanian, Perikanan, Disperindag, DLH dan Dinkes. Dan tahun ini kita bangun 3 lantai untuk 3 kantor baru,” kata Bupati, sesaat setelah acara selesai dilakukan.

Hanya saja, saat ditanya perihal kantor OPD apa saja yang akan pindah di Raci tahun ini, Bupati Irsyad menegaskan bahwa Pemkab Pasuruan masih melakukan penghitungan antara kapasitas ruangan dan kebutuhan di masing-masing OPD yang bersangkutan.

“Sedang kita siapkan untuk kantor OPD yang masih ada di Pasuruan Kota. Mana-mana saja yang akan dipindah sebagai prioritas,” jelasnya.

Seperti diketahui, setidaknya ada 6 OPD yang masih berlokasi di wilayah Pasuruan Kota. Yakni Dinas Tenaga Kerja; Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Badan Keuangan Daerah (BKD); Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPPD), Dinas KB-PP dan Dinas Sosial. Dijelaskan Irsyad, dari enam OPD ini, penempatan dinas mana yang akan pindah, masih belum bisa dipastikan saat ini.

“Belum bisa kita tentukan hari ini. Nanti akan saya sampaikan lebih lanjut,” pungkasnya.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan bahwa 3 kantor baru ini diberi nama “Gedung Lettu Imam”. Nama tersebut diambil dari alm Lettu Muhammad Imam Adi, salah satu prajurit Kapal Selam KRI Nanggala 402 yang berasal dari Kabupaten Pasuruan.

Halaman
12
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved