Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Wagub Jatim Emil Dardak Sambut Baik Studi dan Kerja Sama Awal ART antara Kemenhub dengan ITS

Rencana penyediaan moda transportasi Autonomous Rail Transit (ART) untuk beberapa wilayah di Jawa Timur semakin dimatangkan.

Humas Pemprov Jatim
Studi penelitian dan kerjasama antara Balitbang Kemenhub RI dan ITS tentang Autonomous Rail Rapid Transit (ART) di Ruang Rektor ITS, Surabaya, Kamis (27/5/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Rencana penyediaan moda transportasi Autonomous Rail Transit (ART) untuk beberapa wilayah di Jawa Timur semakin dimatangkan.

Rencana pematangan tersebut dilakukan dalam bentuk studi penelitian dan kerja sama awal antara Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya.

Melihat rencana itu, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak pun menyambut baik.

Dirinya berharap, perencanaan penyediaan moda transportasi ART di Jatim yang masih berkaitan dengan Peraturan Presiden (Perpres) No. 80/2019 tentang Percepatan Ekonomi di Kawasan Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo dan Lamongan (Gerbangkertasusila) itu menunjukkan tahapan yang positif.

"Secara strategis, Kota Surabaya sudah siap. Begitu pula aglomerasi Kota Surabaya, Kabupaten Gresik dan Kabupaten Sidoarjo," kata Wagub Emil di Ruang Rektor ITS, Kamis (27/5/2021) pagi.

Menurutnya, pematangan dan percepatan penyediaan moda transportasi ART, khususnya di Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik dinilai sangat bermanfaat bagi pembangunan dan kemajuan ekonomi di Jatim.

"Sangat bermanfaat bagi masyarakat Jatim di Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Sidoarjo yang membutuhkan ART," imbuhnya.

Selain di tiga kabupaten/kota itu, Emil sapaan akrab Wagub Jatim menyampaikan, perencanaan penyediaan ART terbaru juga akan dirancang di Kabupaten Bangkalan, Madura. Yakni dengan memanfaatkan potensi Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu).

"Ini akan menjadi dobrakan yang luar biasa bagi masyarakat Madura," ungkapnya.

"Perlu mensinergisitaskan moda transportasi ART dengan Jembatan Suramadu. Mudah mudahan bisa turut dipertimbangkan," tambahnya.

Halaman
123
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved