Breaking News:

Berita Surabaya

Dua Pasien Virus Corona Varian Baru di Jatim Berhasil Sembuh Usai Dirawat di RS Lapangan Indrapura

Dua tenaga migran yang terinfeksi virus Corona varian baru B.117 dan B.1351 telah disembuhkan dan keluar dari RS Lapangan Indrapura.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
Istimewa
Penanggung jawab RS Lapangan Indrapura Surabaya, Laksamana Pertama TNI dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara SpB SpBTKV menyampaikan kabar gembira bahwa kedua pasien virus corona varian baru asal Jatim telah berhasil disembuhkan, Selasa (25/5/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) menyampaikan kabar baik terkait penanganan tenaga migran yang terinfeksi virus Corona varian baru B.117 (strain Inggris) dan varian baru B.1351 (strain Afrika Selatan). Kedua pasien tersebut telah disembuhkan dan keluar dari RS Lapangan Indrapura.

Penanggung jawab RS Lapangan Indrapura, Laksamana Pertama TNI dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara SpB SpBTKV , Selasa (25/5/2021), menyampaikan bahwa kedua pasien tersebut telah berhasil disembuhkan dan tergolong cepat masa penyembuhannya.

"Alhamdulillah, dengan kerja keras para nakes dan relawan serta doa dari semua pihak, RSLI berhasil menangani dan menyembuhkan pasien covid-19 dengan varian baru." terang dr Nalendra mengawali penjelasannya.

Kedua pasien yang merupakan tenaga migran itu sama-sama masuk RSLI pada tanggal 7 Mei 2021. Mereka langsung ditangani dengan baik, dimonitor dengan ketat dan dinyatakan sembuh.

Pasien wanita yang terkonfirmasi varian baru B.117 (strain Inggris) masuk dengan gejala ringan tanpa komorbid. Dan setelah 14 hari perawatan kondisi klinisnya terus membaik. Ia pun telah menjalani dua kali tes usap dan dikonfirmasi dua kali. Oleh sebab itu ia dinyatakan sembuh dan bisa keluar rumah sakit.

Begitu juga dengan pasien laki-laki yang terkonfirmasi varian baru B.1351 (strain afrika Selatan). Ia masuk tanpa gejala namun dengan komorbid. Dan setelah 18 hari perawatan dan konfirmasi 2x swab negatif serta kondisi klinisnya sudah baik, dinyatakan sembuh dan bisa keluar rumah sakit pada 20 Mei 2021.

"Kami telah menangani pasien covid-19 varian baru, dengan baik dan telah dinyatakan sembuh. Masyarakat khususnya di Jawa Timur tidak perlu terlalu panik dalam menyikapi adanya varian baru covid-19. Yang penting tetap mejalankan protokol kesehatan," terang dr Nalendra.

Dengan demikian ini menjadi berita baik bagi masyarakat, aparat pemerintahan mulai tingkat RT, RW, Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kota/Kabupaten dan lainnya untuk tidak terlalu cemas dan khawatir terhadap varian baru covid-19 tentunya tetap dibarengi dengan menjalankan prokes 5M, meningkatkan imunitas dan pola hidup sehat.

Hingga hari ini, lanjut dr Nalendra, dari data relawan RSLI, setidaknya sudah 10.338 PMI yang masuk ke Jatim dan 91 orang. Di antaranya terkonfirmasi positif covid-19 dan dirawat di RSLI. Dua diantaranya adalah pasien dengan varian baru B.117 dan B.1351.

Dari seluruh pasien tersebut, sebanyak 57 orang sudah dinyatakan sembuh, termasuk dua orang dengan varian baru, sehingga tinggal 34 orang PMI yang dirawat di RSLI.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved