Breaking News:

Berita Banyuwangi

Kembali ke Ponpes, Para Santri Senang Dapat Swab Antigen Gratis dari Pemkab Banyuwangi

Para santri asal Kabupaten Banyuwangi bisa kembali ke ponpes, usai mendapat fasilitas uji usap (swab) antigen dari Pemkab Banyuwangi.

SURYA.CO.ID/Haorrahman
Para santri asal Kabupaten Banyuwangi bisa kembali ke pondok pesantren tempat mereka menimba ilmu, usai mendapat fasilitas uji usap (swab) antigen dari Pemkab Banyuwangi. 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Para santri asal Kabupaten Banyuwangi bisa kembali ke pondok pesantren (Ponpes) tempat mereka menimba ilmu, usai mendapat fasilitas uji usap (swab) antigen dari Pemkab Banyuwangi.

Seperti para santri Ponpes Lirboyo Kediri asal Banyuwangi yang bisa kembali ke Kediri pada Sabtu (22/5/2021) malam.

Dengan dikoordinasi oleh Himpunan Alumni Santri Lirboyo (Himasal), ratusan santri kembali menggunakan moda transportasi darat seusai di-swab antigen.

"Kami berterima kasih kepada Pemkab Banyuwangi atas fasilitas dan bantuan swab antigen gratis untuk para santri ini," kata penasehat Himasal Banyuwangi, Kiai Sunandi Azzu Baidu, Senin (24/5/2021).

Pria yang akrab disapa Gus Nandi itu mengatakan, para santri Lirboyo diwajibkan membawa surat bebas virus corona untuk kembali ke pondok minimal swab antigen. "Santri wajib swab antigen. Untuk santri Lirboyo dari Banyuwangi total 250 orang yang sudah diswab antigen," kata Gus Nandi.

Karena itu, Gus Nandi sangat berterima kasih atas dukungan Pemkab Banyuwangi yang memberikan fasilitas swab antigen gratis pada santri.

“Fasilitas ini sangat meringankan beban para santri. Sekarang harga swab antigen bisa dibilang cukup mahal untuk ukuran santri," kata Gus Nandi.

Rata-rata harga satu swab antigen di fasilitas kesehatan hingga Rp. 200.000.

Pemkab Banyuwangi menyediakan fasilitas swab antigen secara gratis untuk para santri yang bakal kembali ke pondok pesantren di luar Banyuwangi setelah liburan usai. Para santri bisa membawa KTP atau kartu keluarga serta kartu santri ke Puskesmas terdekat.

“Ini adalah bentuk pelayanan kepada santri sekaligus ikhtiar kita bersama untuk memastikan para santri dalam kondisi sehat di masa pandemi Covid-19 saat ini,” ujar Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

“Fasilitas ini kami utamakan untuk santri dari keluarga kurang mampu,” imbuh Bupati Ipuk.

Penulis: Haorrahman
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved