Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Gubernur Khofifah Tingkatkan Utilitas dan Perluas Pelabuhan Mayangan Probolinggo, Ini Tujuannya

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa akan memperluas pelabuhan perikanan Mayangan Kota Probolinggo dalam waktu dekat.

SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa berkunjung ke Pelabuhan Perikanan Mayangan, Probolinggo, Senin (24/5/2021). 

SURYA.CO.ID, PROBOLINGGO - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa akan memperluas pelabuhan perikanan Mayangan Kota Probolinggo dalam waktu dekat.

Pasalnya, perluasan dan pelengkapan fasilitas di Pelabuhan Perikanan Mayangan Kota Probolinggo merupakan hasil rekomendasi yang diperoleh setelah Khofifah berkunjung ke Pelabuhan Perikanan Mayangan pada Senin (24/5/2021).

Gubernur Khofifah sidak ke pelabuhan tersebut untuk memantau aktivitas kegiatan bongkar muat ikan dan aktivitas di pelabuhan yang kembali beroperasi maksimal setelah libur lebaran.

Dari kunjungan itu, Khofifah menerima banyak rekomendasi dari para awak kapal dan juga pengusaha tangkapan ikan terkait kurang maksimalnya fasilitas di UPT Pelabuhan Perikanan Mayangan yang pengelolaannya ada di Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur.

Lebih lanjut Khofifah menegaskan, bahwa rekomendasi dari para nelayan yang didapatkan akan segera ditindaklanjuti, terutama karena sektor perikanan ini adalah sektor yang tumbuh positif selama pandemi covid-19.

"Nilai tukar petani dan nilai tukar nelayan di Jawa Timur ini tumbuh positif selama pandemi covid-19. Dari nilai tukar nelayan yang tumbuh positif pada kunjungan Presiden pada tanggal 6 Mei 2021 lalu memberikan referensi bahwa ekspor ikan pada dasarnya permintaan pasar luar negeri cukup tinggi," tegasnya.

Untuk itu, guna menangkap peluang memenuhi permintaan luar negeri itu maka peningkatan produktivitas di sektor perikanan harus dilakukan. Dan layanan pendukung yang masih belum maksimal harus dimaksimalkan.

"Pelabuhan ini adalah UPT Dinas Perikanan dan Kelautan Pemprov Jawa Timur bekerja sama dengan TPI Kota Probolinggo. Kita berharap akan ada maksimalisasi utilitas di UPT ini," tegasnya.

Pembenahan yang pertama akan dilakukan adalah pengerukan di kawasan Pelabuhan Perikanan Mayangan. Karena, biasanya pendangkalan yang terjadi di sini dikeruk selama lima tahun sekali. Saat ini sudah meningkat menjadi dua tahun sekali. Maka ke depan akan ditingkatkan.

Karena, jika terjadi pendangkalan, kapal yang bersandar ke pelabuhan ini menjadi berkurang. Sehingga pengerukan akan dilakukan sampai di breakwater.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved