Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Gubernur Khofifah: Harkitnas Jadi Pelecut Semangat untuk Kebangkitan Semua Sektor di Jatim

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke 113 Tahun 2021 dilakukan secara khidmat di Provinsi Jawa Timur.

SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama jajaran forkopimda Jawa Timur ziarah ke makam pahlawan nasional Dr Soetomo di kawasan Bubutan Surabaya, Kamis (20/5/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke 113 Tahun 2021 dilakukan secara khidmat di Provinsi Jawa Timur.

Kamis (20/5/2021) pagi ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama jajaran forkopimda Jawa Timur ziarah ke makam pahlawan Dr Soetomo di kawasan Bubutan Surabaya usai upacara di Gedung Negara Grahadi.

Ziarah dan upacara dilakukan demi meneguhkan dan menjaga nilai-nilai kebangkitan nasional dengan melakukan penghormatan pada para pahlawan di masa lalu.

Lebih lanjut Gubernur Khofifah menyampaikan, bahwa momen Hari Kebangkitan nasional ini menjadi pelecut semangat untuk bangkit dari segala pelemasan yang terjadi akibat pandemi covid-19. Semua sektor mulai UMKM, pendidikan, pembangunan hingga ekonomi harus bangkit.

“Kita harus membantu menyemangati warga kita terutama UMKM untuk bangkit. Hari ini kita butuh stabilitas psikologis yang harus tertata bahwa kondisi pandemi terjadi di 215 megara dunia. Tidak hanya di jatim, nasional tapi juga global,” kata Khofifah.

Semangat itu, kalau terbangun dengan psikologis yang tertata maka akan menjadi injeksi kebangkitan bagi seluruh sektor di Jatim.

Injeksi itu juga diupayakan dengan adanya bantuan pemerintah dalam bentuk program Pemulihan Ekonomi Nasional, pemberian restrukturisasi, maka diharapkan masyarakat memiliki harapan menatap masa depan.

“Termasuk di sektor pendidikan. Kita tanggal 5 Juli 2021 nanti akan melaksanakan kembali pembelajaran tatap muka. Maka anak didik, tenaga pendidik kita juga harus penuh semangat. Harkitnas ini jadi injeksi seluruh energi pendorong semangat di seluruh sektor,” tambahnya.

Boedi Oetomo, kata Khofifahm telah melakukan gerakan penyiapan kebangkitan yang menggelora saat itu. Di mana, dikatakan Khofifah, ada tiga item penting yaitu penyiapan negara, memajukan negara dan menjadikan kemajuan sesuai dengan konteks era perkembangan zaman.

“Kalau sekarang eranya adalah digitalisasi, era itu adalah sebuah keharusan. Indonesia ini harus semakin berkemajuan, maka digitalisasi sistem adalah kemajuan. Maka kita butuh siapkan big data, ini akan percepat layanan ke masyarakat,” tegasnya.

Saat ini sudah ada 26 kabupaten kota di Jatim yang telah terkoneksi dengan big data Jatim. Gubernur Khofifah optimistis bahwa semakin kuat integrasi ini akan membawa kemanfaatan yang lebih besar.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved