Breaking News:
Grahadi

Beranda Grahadi

Gubernur Khofifah Lirik Potensi Pengembangan Baterai Magnesium, Bahan Baku Melimpah di Gresik

Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Gresik memiliki deposit dolomit yang begitu besar dengan kualitas yang diklaim terbaik di dunia.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa secara khusus bertemu dengan para pengusaha dari PT Polowijo Gosari di Gedung Negara Grahadi, Rabu (19/5/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melirik pengembangan baterai magnesium untuk dikembangkan di Jawa Timur.

Pasalnya, Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Gresik memiliki deposit dolomit yang begitu besar dengan kualitas yang diklaim terbaik di dunia.

Untuk itu, Rabu (19/5/2021) siang ini, Gubernur Khofifah secara khusus bertemu dengan para pengusaha dari PT Polowijo Gosari di Gedung Negara Grahadi.

Pertemuan itu secara detail membahas terkait potensi pengembangan pemanfaatan dari dolomit Jawa Timur.

"Saat ini ada update teknologi untuk mobil berbasis baterai. Untuk produk yang sekarang lagi happening, Tesla. Yang terkonfirmasi magnesium yang ada di dalam kandungan dolomit ini juga potensial untuk menjadi sumber baterai," kata Khofifah usai pertemuan.

Baterai dengan menggunakan magnesium memiliki keunggulan untuk digunakan pada kendaraan listrik. Seperti lebih aman dari potensi meledak, harganya lebih rendah dan energinya lebih tinggi.

Baterai untuk kendaraan listrik dengan bahan magnesium mulai banyak dikembangkan di Jepang.

Untuk itu, Khofifah ingin agar potensi ini turut diambil Jawa Timur untuk bisa ambil peran dalam pengembangan teknologi baru baterai berbahan magnesium.

"Dolomit kami di Gresik itu kandungannya yang terbaik di dunia. Dan deposit kami itu terbesar juga. Maka kami berharap bisa mengenalkan apa yang kami miliki ini," tegasnya.

Sebagaimana ramai diberitakan, bahwa kandungan potensi dolomit di Gresik Jatim dimungkinkan mencapai lebih dari 100 juta ton. Sehingga akan menjadi potensi besar untuk dikembangkan industri hilirnya oleh Pemprov Jatim.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved