Breaking News:

Berita Mojokerto

Jembatan Putus di Dawarblandong Kabupaten Mojokerto, Perbaikan Pakai Dana Desa Rp 200 Juta

Jembatan Dusun Tretes, Desa Suru, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto yang terputus akibat diterjang banjir terbengkalai

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Titis Jati Permata
surya.co.id/mohammad romadoni
Jembatan putus di Dusun Tretes, Desa Suru, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto. 

SURYA.CO.ID, MOJOKERTO - Jembatan Dusun Tretes, Desa Suru, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto yang terputus akibat diterjang banjir terbengkalai belum diperbaiki hingga lima bulan lamanya.

Pemerintah Daerah melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) seakan lepas tangan sehingga Pemerintah Desa (Pemdes) terpaksa menggunakan Dana Desa (DD) untuk memperbaiki jembatan tersebut.

Kepala Desa Suru, Suyono (41) menjelaskan pihaknya sudah berulang kali berkoordinasi dengan otoritas setempat bahkan mendatangi pejabat DPUPR untuk mencari kepastian terkait perbaikan jembatan.

Hasilnya nihil karena jembatan di Dusun Tretes itu merupakan jalan poros desa yang bukan termasuk bagian sektoral dari jalan Kabupaten Mojokerto sehingga perbaikannya di luar tanggung jawab DPUPR.

"Perbaikan jembatan sepenuhnya dibebankan Pemdes nantinya juga dibantu oleh Dinas PUPR tetapi anggaranya menggunakan dana desa," ungkapnya kepada SURYA.co.id, Selasa (18/5/2021).

Suyono mengatakan pihaknya telah mengalokasikan 25 persen dari total anggaran DD sebanyak Rp 850 juta untuk perbaikan jembatan dan sebagian jalan di Dusun Tretes.

"Anggaran perbaikan jembatan dari DD sangat minim sekitar Rp 200 juta," terangnya.

Menurut dia, sebenarnya anggaran Rp 200 juta tidak cukup untuk memperbaiki jembatan ukuran enam meter x enam meter dan jalan di sekitarnya.

Oleh sebab itu pihak Pemdes melayangkan surat permohonan bantuan DPUPR tembusan Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati yakni berupa besi WF (Wide Flange) bekas untuk konstruksi jembatan.

"Sudah saya lampirkan karena minta surat tembusan dari Bupati terkait permohonan bantuan besi untuk perbaikan jembatan namun sampai sekarang belum ada balasan," jelasnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved