Breaking News:

Berita Banyuwangi

Bupati Banyuwangi Gusar Masih Ada Pelayanan Tidak Ramah, Ruangan pun Bau Asap Rokok

Ipuk mengatakan, meski secara umum pelayanan publik di Banyuwangi terus meningkat, ia mengakui masih ada kekurangan.

Penulis: Haorrahman
Editor: Deddy Humana
surya/haorrahman
Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani memberi arahan di salah satu OPD saat sidak, Selasa (18/5/2021). 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Hari kedua usai libur Lebaran, sidak terhadap kualitas pelayanan publik kembali dilakukan Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, Selasa (18/5/2021).

Dalam beberapa kali pemantauan, memang ditemukan masih ada kekurangan karena ada warga yang komplain di sejumlah OPD sehingga Ipuk memerintahkan agar dilakukan perbaikan kinerja.

Sidak tanpa pemberitahuan itu dilakukan Ipuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), dan Dinas Kesehatan (Dinkes).

Sebelumnya, Ipuk berkeliling ke Mal Pelayanan Publik (MPP), Badan Kepegawaian, Dinas Sosial, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, serta Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan.

Ipuk mengatakan, meski secara umum pelayanan publik di Banyuwangi terus meningkat, ia mengakui masih ada kekurangan. Dan memang tidak ada yang sempurna, seperti tercermin dari beberapa pengaduan beberapa hari terakhir.

“Di media sosial saya masih menemukan sejumlah komplain. Ada yang pelayanannya dinilai kurang ramah, ada yang terkesan mempersulit. Harus benar-benar diperbaiki, kita perbaiki bareng-bareng. Artinya ini tanggung jawab saya juga, bukan semata-mata kesalahan staf,” ujarnya.

Ipuk mengatakan, ekspektasi publik kepada pemerintah semakin hari semakin tinggi. Apalagi Banyuwangi dalam beberapa tahun terakhir dinilai mampu melakukan transformasi pelayanan publik dengan berbagai inovasinya.

Dalam sidak, Ipuk juga mendapati sejumlah pegawai tidak ada di tempat. “Saya minta ini diperhatikan,” tegas alumnus Universitas Negeri Jakarta tersebut.

Di salah satu dinas, Ipuk juga menemukan ruangan ber-AC yang penuh bau asap rokok. “Ada tulisan Dilarang Merokok, kok dilanggar juga. Sudah tahu ruangan ber-AC dilarang merokok, kok masih saja merokok di dalam ruangan,” sergah Ipuk.

“Saya sengaja lanjutkan sidak di hari kedua setelah libur Lebaran ini untuk mengetahui bagaimana kinerja di masing-masing OPD. Karena masih mendapat laporan, komplain dari warga. Secara keseluruhan cukup baik, meski masih ada keteledoran yang perlu dibenahi. Sidak ini bagian dari perbaikan kinerja ke dalam,” kata Ipuk.

Saat sidak, Ipuk juga melihat kerapian dan kebersihan kantor yang perlu terus dibenahi. “Mari bersama-sama ciptakan suasana kerja yang baik. Kalau suasana kantor nyaman, akan memberi energi positif. Jaga kebersihan dan kerapian kantor,” ujar Ipuk. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved