Breaking News:

Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 49 Persen selama Ramadan dan Lebaran 2021

Manfaatkan jaringan Telkomsel untuk silaturahmi secara virtual karena adanya larangan mudik saat Lebaran sebagai upaya menekan penyebaran Covid 19.

Foto: Telkomsel 
Ilustrasi manfaatkan jaringan Telkomsel untuk silaturahmi secara virtual karena adanya larangan mudik saat Lebaran sebagai upaya menekan penyebaran Covid 19.  

SURYA.co.id | SURABAYA - Telkomsel mencatat peningkatan trafik layanan broadband 49 persen pada periode Ramadan dan Idulfitri 1442 H (2021) dibanding momen tahun sebelumnya atau 10 persen dibandingkan hari biasa.

"Peningkatan trafik layanan data tersebut tak lepas dari upaya Telkomsel dalam penguatan kualitas dan kapasitas jaringan selama Ramadan dan Idulfitri 2021 di 554 point of interest (POI) yang berfokus di area residensial, fasilitas umum seperti rumah sakit, jalur transportasi, dan tempat ibadah," jelas Nugroho, Direktur Network Telkomsel, Senin (17/5/2021).

Dari kenaikan tersebut, trafik layanan data hingga 39.7 Petabyte (PB).

Berdasarkan pantauan Telkomsel, untuk trafik layanan data pada Periode Lebaran 202, tercatat lonjakan sekira 39 persen dibandingkan Periode Lebaran tahun sebelumnya.

Dimana hal tersebut juga didorong semakin tingginya adopsi pemanfaatan layanan komunikasi berbasis digital sebagai sarana silaturahmi virtual guna mengikuti imbauan pemerintah untuk menekan penyebaran virus COVID-19 dengan tidak melakukan aktivitas mudik di momen Idulfitri tahun ini.

Di sisi lain, untuk layanan SMS di momen Ramadan dan Idulfitri 2021 mengalami peningkatan sebesar 33 persen dibandingkan periode tahun sebelumnya.

Sedangkan untuk layanan panggilan suara, tercatat peningkatan trafik layanan suara sebesar 4 persen dibandingkan hari biasa.

Nugroho menambahkan, Telkomsel juga mencatat sejumlah platform digital dan virtual yang berkontribusi terhadap penggunaan akses layanan data.

"Untuk layanan digital terdepan dari Telkomsel, tercatat terjadi lonjakan trafik penggunaan untuk layanan VoLTE Telkomsel sebesar 12 persen," jelasnya.

Kemudian layanan marketplace video on demand MAXStream Telkomsel sebesar 410 persen, dan layanan video conference on demand CloudX Telkomsel sekira 68 persen dibandingkan hari biasa.

Secara umum masyarakat selama di Ramadan dan Idulfitri 1442 H ini juga masih banyak menghabiskan aktivitasnya dengan memanfaatkan sejumlah platform digital sebagai penunjang produktivitas untuk bekerja secara virtual dan belajar daring, seperti melalui layanan video communication dan video streaming.

Pada layanan ini yang secara total mampu berkontribusi dalam penggunaan data lebih dari 53 persen, atau masing-masing tumbuh sekira 14 persen dan 22 persen, dibandingkan dengan hari biasa.

"Untuk trafik aktivitas digital lain dari masyarakat seperti penggunaan layanan mobile gaming, browsing dan social media oleh pelanggan Telkomsel juga tercatat tumbuh masing-masing sekira 81 persen, 36 persen dan 7 persen selama Ramadan dan Idulfitri 2021, dibandingkan dengan hari biasa," ungkap Nugroho.

Selain itu Telkomsel juga mencatat enam aplikasi berbasis digital yang paling banyak diakses pelanggan antara lain Youtube, Facebook, Whatsapp, Instagram, Tiktok dan Mobile Legends.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved