Breaking News:

Sosok Indriyanto Seno Adji, Anggota Dewas KPK yang Dilaporkan 75 Pegawai, Eks Pengacara Soeharto

Berikut ini profil dan biodata Indriyanto Seno Adjie, anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) yang dilaporkan oleh 75 pegawai

kolase kompas.com/tribunnews
Indriyanto Seno Adji, anggota Dewas yang dilaporkan ke Dewas KPK. Berikut, sosok profil dan biodatanya. 

SURYA.CO.ID, JAKARTA - Berikut ini sosok Indriyanto Seno Adjie, anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) yang dilaporkan oleh 75 pegawai lembaga antirasuah yang dibebastugaskan.

75 pegawai yang tak memenuhi syarat dalam asesmen Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) itu menduga Indriyanto melanggar kode etik.

Menurut perwakilan para pegawai, Sujanarko,  pelaporan ini dilayangkan lantaran Indriyanto dinilai sudah berpihak pada pimpinan KPK terkait polemik hasil asesmen TWK. 

Hal ini dibuktikan dengan kehadiran Indriyanto dalam rapat keputusan dan konferensi pers yang digelar pimpinan KPK pada 5 Mei 2021. 

Padahal, sebagai anggota dewas, Indriyanto yang baru dilantik pada 28 April 2021 seharusnya menjalankan fungsi pengawasan. 

Baca juga: Sosok dan Biodata Novel Baswedan Dinonaktifkan dari Penyidik Oleh Ketua KPK, Cucu Pahlawan Nasional

 "Dewas itu secara kelembagaan harus tetap kita jaga. Hari-hari ini dewas dirasakan sudah berpihak terhadap pimpinan, padahal selain dia punya fungsi pengawasan dewas itu adalah fungsi hakim etik. Sehingga kalau ada perbuatan-perbuatan pimpinan-pimpinan yang melanggar kode etik mereka harus bersikap adil," terang Koko. 

Selain melaporkan Indriyanto, 75 pegawai yang dinyatakan tak memenuhi syarat asesmen TWK ini juga mempertanyakan adanya upaya pimpinan KPK untuk menarik dewas ke ranah teknis seperti memberikan masukan terhadap Surat Keputusan (SK) hasil asesmen TWK yang membebastugaskan mereka. 

"Itupun kita kritisi ke dewas itu perbuatan yang berlebihan dan itu berpotensi melanggar etik," ujar Koko .

Koko menegaskan bahwa para pegawai, terutama yang tidak memenuhi syarat TWK akan terus berjuang. 

Tak hanya melalui jalur hukum, para pegawai pun akan berjuang melalui jalur publik atas keputusan pimpinan KPK. 

Halaman
1234
Editor: Musahadah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved