Breaking News:

Israel Serang Jalur Gaza

Presiden Turki Sebut Hanya Sri Paus yang Bisa Hentikan Kebrutalan Israel, Mengapa?

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan punya cara sendiri untuk mendinginkan konflik Israel - Palestina yang memakan ratusan korban tewas.

Editor: Suyanto
Presiden Turki Sebut Hanya Sri Paus yang Bisa Hentikan Kebrutalan Israel, Mengapa?
google
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan

SURYA.co.id I ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan punya cara sendiri untuk mendinginkan konflik Israel - Palestina yang memakan ratusan korban dalam sepekan terakhir.

Erdogan menelepon Paus Fransiskus dan meminta tolong demi menghentikan seranngan Israel di Gaza. Percakapan telepon Erdogan dan Sri Paus terjadi di tengah upaya Ankara mengakhiri ketegangan sejak 10 Mei.

Tercatat, 197 orang Palestina tewas terkena serangan Israel. Adapun "Negeri Zionis" melaporkan 10 warganya terbunuh. Dalam keterangan kantor kepresidenan Turki, Erdogan menyatakan Palestina akan terus menjadi "korban pembantaian' Israel.

"Kecuali, seluruh komunitas internasional bersatu dan menghukum mereka, lewat sanksi," ujar dia kepada Paus Fransiskus.
Mantan Wali Kota Istanbul itu menyatakan, hanya suara Paus yang bisa menggerakkan dunia untuk bertindak.

Pada Minggu (16/5/2021), Paus mengatakan korban jiwa di Gaza adalah tindakan yang menyeramkan dan tak bisa diterima. Dilansir AFP Senin (17/5/2021), dia memperingatkan konflik itu bisa menyebabkan kematian dan penderitaan tak berujung.
Adapun Erdogan, yang terus menyuarakan Palestina selama 18 tahun kekuasaannya, menyebut Israel teroris pada pekan lalu. Dalam teleponnya, presiden 67 tahun tersebut mendesak Paus bahwa "semua kemanusiaan harus bersatu".

"Kekejaman yang dilakukan Israel ini bisa menyebabkan seluruh kawasan terancam," kata mantan Perdana Menteri Turki itu. Seruan Ankara itu juga muncul saat Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu berdialog dengan Menlu Inggris, Dominic Raab. Kepada Raab, Cavusoglu mendesak agar semua negara di dunia memberikan tekanan yang hebat kepada Tel Aviv.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Erdogan Desak Paus Fransiskus Bantu Hentikan "Pembantaian" Israel di Gaza"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved