Breaking News:

Pemprov Jatim

Pastikan Fasilitas Karantina Pekerja Migran, Plh Sekdaprov Jatim bersama Pangdam Tinjau Asrama Haji

Plh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono bersama Pangdam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Suharyanto, meninjau Asrama Haji Surabaya.

Foto: humas pemprov jatim
Plh Sekdaprov Heru Tjahjono bersama Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Suharyanto mengecek fasilitas karantina pekerja migran asal Jatim di Asrama Haji Surabaya, Senin (17/5/2021). 

SURYA.co.id | SURABAYA -  Plh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono bersama Pangdam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Suharyanto, melakukan peninjauan di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Senin (17/5/2021).

Peninjauan tersebut sengaja dilakukan untuk mengecek dan memastikan kelayakan fasilitas karantina Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru kembali ke Jatim.

Sesampainya di Asrama Haji, Sekdaprov Heru dan Mayjen Suharyanto langsung memeriksa beberapa kamar di beberapa blok bangunan yang dihuni PMI.

Kamar-kamar pertama yang dicek adalah kamar berkapasitas empat orang dengan empat tempat tidur dan satu kamar mandi dalam.  Namun demikian, kamar-kamar itu hanya dihuni oleh setengah kapasitas yakni 2 orang saja. Ini penting, untuk memastikan kesterilan tempat yang ada.

Selanjutnya, Sekdaprov Heru dan Mayjend Suharyanto melihat langsung kamar-kamar tambahan di mana tempat tidur yang disediakan merupakan 4 tempat tidur kayu bertingkat dengan kapasitas 8 orang.

Kamar-kamar ini hanya diisi saat kamar biasa penuh dan dibatasi untuk 4 orang saja. Sedangkan, kamar mandi untuk blok tambahan ini berada di luar. Meskipun begitu, kesterilan kamar mandi juga dijaga dengan pembersihan secara rutin.

Selain mengecek blok penginapan PMI, Heru turut melihat blok zona merah di mana mereka yang positif Covid-19 dikarantina. Hanya saja, semua pengunjung tidak diijinkan memasuki gedung itu sebab wilayah tersebut diblokir dan hanya boleh diakses oleh petugas ber-APD.

Terkait kebutuhan dasar para PMI, juga telah dipenuhi oleh pihak Asrama Haji. Mulai dari handuk, peralatan mandi, air mineral, service kamar yang rutin dibersihkan, serta penyemprotan disinfektan. Sedangkan, untuk kebutuhan pangan sendiri, telah dibangun dapur
umum yang dikelola oleh Tagana.

Pada kesempatan tersebut, baik Sekdaprov Heru maupun Mayjen Suharyanto menyempatkan diri menyapa PMI yang berada di Asrama Haji. Beberapa dari mereka sedang menyiapkan diri untuk pulang dan menunggu penjemputan ke kabupaten/kota masing-masing.

Kepada para PMI tersebut, Heru sapaan akrab Sekdaprov Jatim ini berpesan agar tidak menurunkan kesiagaan dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Ini penting, untuk memastikan kesehatan mereka terjaga serta untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved