Breaking News:

Berita Surabaya

Nuansa Jepang Hadir di Kota Pahlawan, Indahnya Bunga Tabebuya Bermekaran di Surabaya 

Bunga Tabebuya bermekaran lagi di Kota Surabaya. Bunga berwarna kuning itu yang bertebaran di hampir seluruh jalan protokol Kota Surabaya.

surya.co.id/habibur rohman
MUSIM BERBUNGA - Pengendara melintasi deretan bunga tabebuya bermekaran di kawasan Jl Stasiun wonokromo Surabaya, Senin (17/5/2021). Cuaca panas di Kota Pahlawan akhir -akhir ini terobati dengan banyaknya bunga tabebuya bermekaran. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Bunga Tabebuya bermekaran lagi di Kota Surabaya. Bunga berwarna kuning itu yang bertebaran di hampir seluruh jalan protokol Kota Surabaya.

Pemadangan ini pun semakin memanjakan para pengguna jalan. 

Menariknya, Tabebuya bermerkaran di tahun ini bersamaan dengan momentum lebaran Idul Fitri 1442 Hijriyah. Tak pelak, ini semakin menyemarakkan Hari Raya umat Islam ini. 

"Biasanya memang mekar pada saat cuaca panas. Tahun ini bersamaan mulai sebelum lebaran hingga saat ini," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya Anna Fajriatin, Senin (17/5/2021). 

Kalau terkena angin, bunga itu akan rontok. Kemudian, akan mekar lagi. “Yang mekar kali ini rata-rata Bunga Tabebuya yang berwarna kuning. Sedangkan untuk putih dan pink belum terlihat,” kata Anna. 

Bunga Tabebuya saat telah menjadi salah satu ikon Surabaya. Ini sudah menyebar di berbagai titik di seluruh Kota Surabaya, terutama di pinggir jalan protokol. 

“Hampir semua jalanan Surabaya sudah ditanami Bunga Tabebuya, karena setiap rayon di DKRTH melakukan penanaman Tabebuya. Jadi jumlahnya sudah sangat banyak se-Surabaya,” tegasnya.

Anna merinci, jumlah Tabebuya terus diperbanyak tiap tahunnya sejak masa Wali kota Surabaya dijabat Tri Rismaharini. Pada 2020 misalnya, total Tabebuya yang ditanam lebih dari seribu batang. 

Kemudian di awal 2021, jumlah Tabebuya yang ditanam telah lebih dari 500 batang. “Kalau untuk spesiesnya memang ada tiga, yaitu kuning, pink dan putih,” ujarnya.

Surabaya memilih banyak menanam Tabebuya karena kualitas bunganya yang menarik. Selain itu, pohonnya juga cepat bertumbuh. 

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved