Breaking News:

Berita Gresik

Kronologi Kebakaran Hebat Pabrik Tekstil di Gresik yang Butuh 6 Jam Padamkan Api

pabrik tekstil dilalap si Jago Merah di Jalan Raya Semambung, Desa Driyorejo, Kecamatan Driyorejo, Gresik, Minggu (16/5/2021).

Penulis: Willy Abraham
Editor: Fatkhul Alami
Istimewa
Petugas berjibaku memadamkan api di PT Lexim Global Indo di Jalan Raya Semambung, Desa Driyorejo, Kecamatan Driyorejo, Minggu (16/5/2021). 

Penulis: Willy Abraham | Editor: Fatkhul Alami

SURYA.co.id | GRESIK - Sebuah pabrik tekstil dilalap si Jago Merah di Jalan Raya Semambung, Desa Driyorejo, Kecamatan Driyorejo, Gresik, Minggu (16/5/2021). Api berhasil dijinakkan sekitar enam jam lamanya.

Kronologi kejadian kebakaran hebat, kali pertama diketahui api muncul di bagian gudang barang produksi dan jadi PT. Lexim Global Indo anak perusahaan dari PT. Panjimas Textile Panji.

Perusahaan yang memproduksi tekstil ludes terbakar, mulai pukul 17.00 WIB. Kejadian yang menggemparkan karyawan pabrik itu, tidak menimbulkan korban jiwa.

Hanya dalam waktu singkat asap hitam tebal membumbung dari gudang terbakar di belakang pos satpam.

Kebakaran baru diketahui oleh sejumlah karyawan yang berada di sekitar gudang bagian belakang pabrik itu. Karyawan yang berupaya memadamkan dengan alat pemadaman di sekitar pabrik, justru tak membuat api mereda.

Bahkan api makin membesar, membuat sebagian dari karyawan dan petugas keamanan menjauh dari lokasi kebakaran dan keluar dari area pabrik.

Unit pemadam kebakaran dari beberapa PT Agrindo, PT Adiyaksa, PMK Gresik dan PT. Garuda Food yang datang terus sibuk keluar masuk lokasi setelah bergantian melakukan upaya pemadaman.

"Kami mendapat laporan sekitar pukul 17.22 dan baru selesai pemadaman sekitar pukul 22.51," ucap Kepala UPT Damkar Gresik, Eka Prapangasta, Senin (17/5/2021).

Saat petugas datang, asap hitam membumbung tinggi di langit. Hingga malam hari, satu persatu mobil pemadam kebakaran datang silih berganti.

Mulai mobil PMK Gresik dibantu mobil pemadam dari perusahaan di sekitar lokasi kejadian.

Meski berhasil dipadamkan hampir enam jam kemudian, pihaknya masih belum bisa memastikan penyebab kebakaran hebat itu. Faktor konsleting listrik, atau penyebab lainnya, pihaknya masih melakukan penyelidikan.

"Penyebab masih dalam penyelidikan," terangnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Diduga api muncul dari mesin opener (penghacur) produksi kapas dan motor silinder vanbell mengalami masalah seperti macet.

Sehingga mengeluarkan asap dan memercik api kemudian membakar bahan baku yang berada di Gudang Bahan Baku di Gudang PT. Lexim Global Indo.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved