Breaking News:

Berita Jember

Bantu Warga Miskin Dapatkan Keadilan, Sejak Awal 2021 Posbakum Unej Sudah Layani 116 Orang

Posbakum ini merupakan implementasi dari Tridharma Universitas Jember dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat.

humas Unej Jember
Posbakum FH Unej di PN Jember 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Fakultas Hukum Universitas Jember (Unej) menyediakan bantuan hukum gratis untuk masyarakat tidak mampu. Bantuan hukum itu bekerjasama dengan Pengadilan Negeri (PN) Jember.

Karenanya bantuan hukum diberikan kepada warga tidak mampu yang berperkara di PN Jember. Warga yang ingin mengakses bantuan hukum gratis itu bisa mendatangi Pos Bantuan Hukum (Posbakum) FH Unej di PN Jember.

Menurut Rektor Unej, Iwan Taruna, Posbakum ini merupakan implementasi dari Tridharma Universitas Jember dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat.

“Posbakum merupakan bagian dari ikhtiar kami semua untuk membawa manfaat bagi sesama di bidang pendampingan hukum oleh FH UNEJ kepada masyarakat,” ujar Iwan, Minggu (16/5/2021).

Sedangkan, Dekan FH UNEJ Bayu Dwi Anggono menambahkan, Posbakum itu sudah berdiri sejak awal 2021. Dan sampai Mei 2021 ini, Posbakum FH Unej telah memberikan bantuan kepada 116 orang pencari keadilan.

Layanan yang diberikan Posbankum antara lain pemberian informasi hukum, konsultasi hukum, pemberian advis hukum dan pembuatan permohonan dan gugatan.

Pemberian bantuan hukum ini dilakukan secara komprehensif yang melibatkan dosen, paralegal, advokat mitra Biro Pelayanan dan Bantuan Hukum (BPBH) FH UNEJ dan mahasiswa.

Bayu berharap, keberadaan Posbakum itu dapat memberikan layanan bantuan hukum yang menghadirkan rasa nyaman dan aman bagi masyarakat yang membutuhkan pendampingan. Bayu ingin Posbakum dapat memberikan layanan yang terbaik untuk masyarakat.

Kantor Posbakum FH Unej di PN Jember juga baru selesai direnovasi pekan lalu.

“Aspek kenyamanan yang kami utamakan. Karena itu kantor Posbakum didesain modern sebagai bentuk keseriusan kami dalam memberikan kenyaman. Ini juga bukti bahwa Fakultas Hukum Universitas Jember hadir memberikan solusi terhadap persoalan-persoalan hukum yang dihadapi masyarakat,” ujar Bayu.

Menurut Ketua PN Jember, Marolop Simamora, layanan Posbakum PN Jember dengan FH UNEJ telah efektif dimulai sejak awal 2021.

Selain itu, menurut Marolop, saat ini PN Jember bersama FH UNEJ dalam rangka adaptasi terhadap situasi pandemi juga mempersiapkan layanan Posbakum online. Sehingga warga yang membutuhkan dapat berkonsultasi secara daring tanpa harus hadir langsung ke PN Jember. *****

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved