Breaking News:

Anda Sering Kesemutan? Coba 5 Cara Ini untuk Menghilangkannya, Mudah dan Cepat

Tidak usah risau. Sebab kesemutan adalah mekanisme tubuh untuk mengirim sinyal ke otak ada bagian tubuh yang membutuhkan aliran darah dan oksigen.

Editor: Suyanto
TRIBUN JAKARTA
Foto Ilustrasi - Pijat 

SURYA.co.id - Kesemutan seringkali menjadi gangguan tiba-tiba. Gangguan ini paling sering terjadi pada tangan dan kaki.
Tidak usah risau. Sebab kesemutan adalah mekanisme tubuh untuk mengirim sinyal ke otak ada bagian tubuh yang membutuhkan aliran darah dan oksigen.

Kesemutan terjadi karena aliran darah ke saraf terhenti. Kesemutan hanya akan berlangsung beberapa saat, dan akan sembuh sendiri ketika aliran darah ke saraf normal kembali.

Untuk mempercepat proses menghilangkan kesemutan, coba lakukan cara-cara seperti dilansir dari Health Line (20/5/2020) ini:

1. Hilangkan tekanan/beban

Hilangkan tekanan pada area tubuh yang terkena kesemutan. Pastikan tidak ada yang menghalangi aliran darah menuju bagian tubuh tersebut.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan misalnya mengganti posisi tidur, berhenti menyilangkan kaki, berdiri dan menggerakan kaki sejenak, dan aksi lain yang bisa menghilangkan tekanan pada anggota tubuh Anda.

Dengan mengembalikan aliran darah, dalam waktu beberapa saat, kesemutan yang Anda rasakan akan menghilang.

2. Menggerakkan anggota badan
Dengan bergerak melakukan sedikit peregangan atau berjalan kaki di sekitar meja Anda, Anda bisa mengembalikan aliran darah ke seluruh tubuh.
Selain itu, Anda juga bisa mencoba mengepalkan dan melepaskan genggaman tangan Anda. Jika yang terasa kesemutan adalah kaki Anda, cobalah menggerakan jari-jari kaki Anda. Ini akan memicu aliran darah ke seluruh bagian kaki Anda.

3. Peregangan leher dan punggung

Peregangan pada bagian leher dan punggung bisa membantu melancarkan peredaran darah ke tangan dan kaki Anda. Anda bisa menggerakkan kepala Anda ke kanan dan kiri.

4. Cek ukuran sepatu
Beberapa orang kadan tidak menyadari bahwa sepatu yang mereka gunakan terlalu sempit dan bisa menyebabkan ksesemutan. Selain itu, memakai stocking yang terlalu ketat setiap hari juga bisa memicu kesemutan pada kaki Anda.

5. Dipijat
Mendapatkan pijatan pada tubuh Anda akan melancarkan peredaran daran dan mencegah terjadinya kesemutan. Selain itu, tubuh dan pikiran juga akan terasa lebih segar dan rileks setelah mendapatkan pijatan di seluruh tubuh.

Kapan harus ke dokter ?
Pada dasarnya, kesemutan bukanlah kondisi yang serius atau perlu mendapatkan perhatian khusus. Namun jika Anda mengalami kesemutan terus menerus atau terlalu sering, sebaiknya Anda konsultasikan kondisi ini ke dokter.

Beberapa kondisi yang mungkin menyebabkan Anda kesemutan terus menerus, antara lain diabetes, kemoterapi, konsumsi obat-obatan untuk mengatasi kejang, obat-obatan HIV, saraf kejepit pada tulang belakang atau leher, kerusakan saraf akibat trauma atau kecelakaan, ensefalitis, dan sindrom Raynaud.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Menghilangkan Kesemutan yang Perlu Anda Ketahui"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved