Breaking News:

Warga Gresik Manfaatkan Waktu Libur Bersantai dan Beribadah di Masjid Mirip Taj Mahal

Larangan mudik oleh pemerintah dimanfaatkan sejumlah warga Gresik untuk menghabiskan waktu di masjid yang mirip Taj Mahal di India.

surabaya.tribunnews.com/willy abraham
Warga menghabiskan waktu di masjid mirip Taj Mahal di Perum Graha Amerta Bunder, Jumat (14/5/2021). 

SURYA.co.id | GRESIK - Larangan mudik oleh pemerintah dimanfaatkan sejumlah warga Gresik untuk menghabiskan waktu di masjid yang mirip Taj Mahal di India.

Masjid yang berada di wilayah Kebomas ini juga dimanfaatkan warga untuk bersilaturahmi virtual dengan keluarga di kampung.

Masjid mirip Taj Mahal ini adalah masjid Al Amin. Masjid ini terletak di Perum Graha Amerta Bunder.

Di sana, selain beribadah, warga juga bisa memanfaatkan waktu dengan bersantai di halaman masjid seluas kira-kira 500 meter. 

Masjid tersebut menjadi alternatif rujukan warga yang tidak mudik. Terlihat, anak-anak, remaja hingga para orang tua datang melaksanakan salat berjamaah. Setelah itu, mereka menghabiskan waktu sejenak di halaman masjid.

Ada yang berswafoto, bermain mainan tradisional, bersepeda. Keindahan masjid yang mirip dengan Taj Mahal membuat warga betah berlama-lama.

Larasati, salah satu pengunjung mengaku kagum melihat bangunan masjid yang mirip Taj Mahal. Selain berkarakter islami juga cocok untuk tujuan rekreasi edukatif di masa pandemi Covid-19.

"Tidak mudik karena ada larangan pemerintah mudik, jadi kita disini aja main sama teman-teman, main engklek sama gobak sodor tadi," terangnya.

Menurutnya, bermain di area masjid setelah salat lebih tenang.

Takmir Masjid Al - Amin, Fahrul Rizki mempersilakan warga untuk memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan. Masjid cukup megah, halaman cukup luas.

Warga dipersilakan salat dengan protokol kesehatan, kalau warga mau aktivitas dipersilakan, anak-anak mau bermain, warga saling silaturahmi dipersilakan.

"Bentuk masjid ini, setiap orang melihat pasti terperangah, masjid di lingkungan perumahan kok ada masjid yang megah seperti ini, menambah keinginan warga beribadah menjadi tinggi dan wilayah ini diberkahi oleh Allah SWT," kata dia.

"Satu hal yang kami tetapkan, kami putuskan protokol kesehatan harus diutamakan, kami sediakan masker, kami sediakan hand sanitizer dan alat cuci tangan sebagai penunjang aktivitas warga disini," paparnya.

Pengembang perumahan Graha Amerta Bunder, Widodo Feriyanto menuturkan terinspirasi membangun masjid dari Taj Mahal karena kisah cinta dari Raja Mughal bernama Shah Jahan untuk istrinya Mumtaz Mahal.

"Sebagaimana Taj Mahal di India dibangun oleh sang raja untuk menghormati permaisurinya. Semoga masjid ini juga menunjukkan cinta kasih sang suami kepada istri," kata Widodo. 

Penulis: Willy Abraham
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved