Breaking News:

PGRI Bondowoso Siap Mendukung Mensukseskan Ijen Geopark

Pemerintah Kabupaten Bondowoso terus menggencarkan sosialisasi Ijen Geopark. Kali ini mereka menyasar PGRI.

SURYA.CO.ID/Sri Wahyunik
Penanda Ijen Geopark di Pos Blawan Kecamatan Ijen, Bondowoso 

SURYA.co.id | BONDOWOSO - Pemerintah Kabupaten Bondowoso terus menggencarkan sosialisasi Ijen Geopark agar seluruh elemen masyarakat mengetahui adanya situs Ijen Geopark di wilayah Bondowoso.

Kali ini, sosialiasi menyasar kalangan pendidik yang tergabung dalam Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Bondowoso. Sosialisasi ini digelar secara daring atau webinar.

Tim Ahli Budaya Ijen Geopark wilayah Bondowoso, Tantri Raras mengatakan dalam webinar dijelaskan mengenai warisan suatu daerah yang bernilai internasional.

Untuk menjadi Geopark Global UNESCO, kawasan tersebut harus memiliki warisan yang bernilai internasional yang dinilai oleh para profesional ilmiah, sebagai bagian dari "Tim Evaluasi Geopark Global UNESCO".

"Berdasarkan peer-review internasional, penelitian yang dipublikasikan yang dilakukan di situs budaya di dalam kawasan, para profesional ilmiah membuat penilaian komparatif secara global untuk menentukan apakah situs budaya tersebut memiliki nilai internasional," katanya, saat dikonfirmasi Jumat (14/5/2021).

Pengurus Harian Ijen Geopark wilayah Bondowoso, Ahmad Sofyan menyebut bahwa semua Geopark Global UNESCO mengembangkan dan menjalankan kegiatan pendidikan untuk segala usia.

"Nantinya untuk menyebarkan kesadaran akan warisan geologi kita dan hubungannya dengan aspek lain dari warisan alam, dan budaya," terangnya.

Ia melanjutkan, UNESCO Global Geoparks menawarkan program pendidikan untuk sekolah atau kegiatan khusus untuk anak-anak melalui Klub Anak atau Hari Hiburan Fosil.

"UNESCO Global Geopark juga menawarkan pendidikan, baik formal maupun informal, untuk orang dewasa dan pensiunan, sementara banyak yang menyediakan pelatihan untuk penduduk lokal," tambahnya.

Plt Ketua PGRI Bondowoso, Dwi Windu Krisyanto menyatakan dengan adanya webinar kali ini, ia berharap Ijen Geopark dapat disampaikan oleh para guru kepada anak didiknya.

"PGRI menjadi garda terdepan di dunia pendidikan dalam mensukseskan Ijen Geopark," pungkasnya.

Melalui Forum Parade Nasional Smart Learning and Character Center (SLCC) Chapter Bondowoso, PGRI Bondowoso akan menggelar webinar tentang Ijen Geopark sebagai Kearifan Lokal yang telah mendunia.

Webinar itu juga menjadi rangkaian Program Literasi tentang Ijen Geopark dan Gerakan Sekolah Menyenangkan. (nen) 

Penulis: Danendra Kusumawardana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved