Breaking News:

Bupati Hingga Jajaran ASN di Bondowoso Dilarang Menggelar Open House Saat Lebaran

"SE tersebut sudah kami terima. Kami akan menerapkan aturan yang tertuang dalam SE yakni larangan menggelar halalbihalal dan open house," katanya

surya.co.id/erwin wicaksono
Foto Ilustrasi Aparatur Sipil Negara (ASN) 

SURYA.co.id | BONDOWOSO - Kegiatan halalbihalal atau open house sudah menjadi budaya saat perayaan lebaran.

Namun, di tengah pandemi Covid-19 kegiatan tersebut tak diperkenankan untuk dilakukan masyarakat, tak terkecuali para ASN.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga telah melarang Open house dan halalbihalal pada Hari Raya Idul Fitri 2021 bagi seluruh kepala daerah sekaligus jajaran ASN.

Di Bondowoso, aturan tersebut akan diterapkan.

Sekretaris satgas Covid-19 Bondowoso, Adi Sunaryadi mengatakan Kemendagri telah menerbitkan Surat Edaran nomor 800/2794/SJ tentang Pembatasan Kegiatan Buka Puasa Bersama pada Bulan Ramadhan dan Pelarangan Open House/Halalbihalal pada Hari Raya Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021.

SE tersebut ditandatangani Mendagri Tito Karnavian pada Selasa 4 Mei 2021.

"SE tersebut sudah kami terima. Kami akan menerapkan aturan yang tertuang dalam SE yakni larangan menggelar halalbihalal dan open house," katanya, Rabu (12/5).

Adi menjelaskan, bahwa SE itu juga berlaku bagi Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Mengutip poin SE, diminta kepada Saudara Gubernur, Bupati/Walikota mengambil langkah-langkah sebagai berikut: melakukan pembatasan kegiatan buka puasa bersama, tidak melebihi dari jumlah keluarga inti ditambah 5 (lima) orang selama Bulan Ramadhan 1442 H/Tahun 2021.

Kepala daerah juga diminta tetap mengantisipasi pelaksanaan kegiatan selama bulan puasa, dan menjelang perayaan, saat, maupun pasca-Hari Raya Idul Fitri.

"Pastinya, Forkopimda dan seluruh ASN juga dihimbau tidak menggelar open house," pungkasnya. (nen) 

Penulis: Danendra Kusumawardana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved