Breaking News:

Berita Gresik

Polsek Manyar Gresik Datangi Masjid dan Musala Sosialisasi Larangan Takbir Keliling

Takbiran di masjid dan mushola dapat dilakukan secara terbatas maksimal 10 persen dari kapasitas, dengan memperhatikan protokol kesehatan

Foto Istimewa Polres Manyar Gresik
Bhabinkamtibmas dan Babinsa di Gresik sosialisasi larangan takbir keliling di masjid, Senin (10/5/2021). 

SURYA.CO.ID, GRESIK – Pemerintah melalui Menteri Agama Republik Indonesia telah mengeluarkan Surat Edaran Menag RI No. SE 07 tahun 2021 tentang malam takbir.

Inti surat edaran tersebut adalah pelarangan takbir keliling dan pembatasan takbir yang dilakukan di masjid maupun musala.

Menyikapi anjuran pemerintah tersebut, Kapolsek Manyar, Iptu Bima Sakti segera menerjunkan Bhabinkamtibmasnya turun ke desa-desa.

Mengimbau Takmir Masjid hingga menempel SE Menag RI agar diketahui masyarakat pada umumnya.

Berkolaborasi dengan Babinsa Koramil Manyar, dua aparatur negara ini menggandeng Takmir Masjid untuk mendukung ikhtiar pemerintah dalam menyudahi pandemi Covid-19.

Ditegaskan, takbir keliling malam Idul Fitri 1442 H dilarang untuk dilakukan.

Sedangkan takbiran di masjid dan mushola dapat dilakukan secara terbatas maksimal 10 persen dari kapasitas, dengan memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Baca juga: BREAKING NEWS Ledakan Mercon di Tulungagung Tewaskan Dua Orang dan Lukai Sejumlah Warga

Selain itu, juga menegaskan kepada pemilik sound sistem yang ada di desa binaan masing-masing agar tidak menyewakan atau memfasilitasi takbir keliling.

Kesediaan para pemilik sound sistem di wilayah Kecamatan Manyar untuk tidak memfasilitasi takbir keliling, dikuatkan dalam pernyataan lisan dan diatas kertas bermaterai.

“Kami minta masyarakat tidak melakukan takbir keliling, takbiran di masjid dan mushola saja.” kata Kapolsek Manyar Iptu Bima Sakti Pria Laksana mewakili Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto ketika dikonfirmasi, Selasa (11/5/2021).

Alumni Akpol 2013 tersebut menandaskan, Polsek Manyar bersama Koramil 0817/06 dan Kecamatan Manyar menyiagakan personel untuk membubarkan masyarakat yang mencoba-coba melakukan takbir keliling.

Pihaknya sekali lagi, meminta pengertian dan dukungan semua elemen masyarakat, pandemi ini belum berlalu. Untuk mematuhi pembatasan yang telah ditetapkan pemerintah.

“Tidak berkerumun dan tidak melakukan takbir keliling dimasa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, dirasa lebih bijak dan bermanfaat demi kebaikan bersama,” tegasnya.

BACA BERITA GRESIK LAINNYA

Penulis: Willy Abraham
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved