Breaking News:

Berita Jember

Masjid Ikonik Roudhotul Muchlisin Jember Hanya Akan Buka untuk 300 Jemaah Saat Salat Id

Pengurus Masjid Roudhotul Muchlisin, Jember, hanya akan mengisi 15 persen kapasitas masjid tersebut saat pelaksanaan salat Idul Fitri 1442 H/2021.

SURYA.CO.ID/Sri Wahyunik
Masjid Roudhotul Muchlisin Jember 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Pengurus Masjid Roudhotul Muchlisin, Jember, hanya akan mengisi 15 persen kapasitas masjid tersebut saat pelaksanaan salat Idul Fitri 1442 H/2021.

Ketua Yayasan Masjid Roudhotul Muchlisin yang juga Bupati Jember, Hendy Siswanto mengatakan, masjid itu bisa menampung sekitar 2.000 orang jemaah.

"Karena berada di zona oranye, jadi kami hanya akan isi dengan 15 persen saja, sekitar 250 - 300 orang jemaah saat pelaksanaan salat Idul Fitri nanti," ujar Hendy, Selasa (11/5/2021).

Roudhotul Muchlisin bisa dibilang sebagai salah satu masjid ikonik di Kabupaten Jember.

Masjid yang berada di Jl Gajah Mada ini secara administratif ikut Kecamatan Kaliwates. Dan dalam peta persebaran Covid-19 Jember, Kecamatan Kaliwates masih berada di zona oranye.

Sebagai masjid ikonik, sudah menjadi rahasia umum, masjid yang kaya akan hiasan kaligrafi dan ukiran seperti masjid di Turki itu, menjadi jujugan jemaah sebagai lokasi salat berjamaah.

Saat pelaksanaan salat Id, ribuan jamaah mendatangi masjid tersebut.

"Bahkan dari omplongannya saja (kotak amal masjid), bisa mendapatkan Rp 20 juta dalam satu kali pelaksanaan Salat Id," tutur Bupati Hendy sambil terkekeh.

Haji Hendy, demikian lelaki itu akrab disapa, mengetahui perolehan uang kotak amal masjid itu karena menjabat sebagai ketua yayasan.

"Namun karena sekarang pandemi, tentunya kami harus menjalankan peraturan. Salat Id tetap, namun jemaahnya dibatasi, itu tadi hanya 15 persen. Dan harus menjalankan protokol kesehatan," tegasnya.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved