Breaking News:

Citizen Reporter

Mahasiswa UKDC Ajak Anak-anak di Kediri Ikut Mencegah Pandemi Covid-19

Mahasiswa UKDC Surabaya mengajak anak-anak di kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, menjadi pejuang-pejuang untuk melawan covid-19

ist/citizen reporter
Mahasiswa UKDC Surabaya melibatkan anak-anak untuk berperang melawan covid-19. 

SURYA.co.id | KEDIRI - Mahasiswa Universitas Katolik Dharma Cendika (UKDC) Surabaya dan Masyarakat Desa Branggahan, Ngadiluwih, Kabupaten Kediri bekerjasama membantu pemerintah mencegah penyebaran virus covid-19.

Kegiatan mahasiswa yang digelar dalam rangka pengabdian masyarakat itu dilakukan untuk menyadarkan masyarakat sekitar akan pentingnya memulai hidup bersih, menyadarkan masyarakat sekitar akan bahaya virus covid-19, serta membiasakan diri untuk menerapkan protokol kesehatan seperti 3M (Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak), guna mengurangi penyebaran virus covid-19 .

Pengarahan mengenai bahaya covid-19 dan pencegahannya dimulai dari anak-anak di lingkungan sekitar.

Dengan upaya ini diharapkan masyarakat yang awalnya tidak peduli akan pandemi mulai sadar dan taat pada protokol kesehatan.

Total terdapat 15 hingga 25 anak dengan kisaran usia 5 sampai 11 tahun yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan penyuluhan ini.

Menurut Siswanto, salah satu warga yang ada di Desa Branggahan, Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, masalah utama di Desa Branggahan, Ngadiluwih, Kabupaten Kediri adalah kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19.

Kebanyakan dari mereka tidak percaya bahwa covid-19 benar-benar ada.

"Masyarakat di sini beraktivitas seperti biasa tanpa memperdulikan bahaya covid-19. Jika ada yang sakit warga sekitar menganggapnya hanya gejala eperti flu atau batuk yang biasa saja. Dengan pemikiran seperti ini akan mempersulit gerakan pemerintah untuk mengurangi kenaikan kasus covid-19 di Indonesia," kata Siswanto. 

Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan mahasiswa Universitas Katolik Darma Cendika tahun ini, diharapkan mampu membantu masyarakat sekitar untuk memiliki kesadaran demi menjaga lingkungan bersama dari bahaya virus covid-19.

Solusi yang diberikan para mahasiswa KKN adalah memberikan penyuluhan kepada masyarakat di Desa Branggahan dimulai dari anak-anak terlebih dahulu, dengan memberikan penyuluhan langkah-langkah mencuci tangan yang benar, cara pencegahan virus covid-19 dan langkah yang harus dilakukan ketika merasakan gejala covid-19. Kegiatan dimulai dengan bersosialisasi di satu pos kegiatan yang ada di Desa Branggahan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Penyuluhan kepada anak-anak dilakukan karena lebih mudah untuk menerima masukan dan pengarahan yang diberi, lalu di lanjutkan kepada orang tua dan masyarakat sekitar.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat sekitar menjadi taat dan patuh menjalankan aktivitas setiap hari dengan protokol kesehatan agar lingkungan terjaga, mengurangi penyebaran virus covid-19, dan pandemi dapat segera berakhir.

Penulis : Citra Anggraini, Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC) Surabaya

Baca juga: Pandemi Covid-19, Mahasiswa UKDC Bagikan 60 kg Beras Untuk Warga Kedung Baruk

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved