Breaking News:

Berita Gresik

Hilal Tidak Terlihat di Bukit Condrodipo Kabupaten Gresik

Hilal 1 Syawal 1442 Hijriah belum terlihat di Bukit Condrodipo, Dusun Srembi, Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik.

SURYA.CO.ID/Willy Abraham
Perukyat sedang melihat hilal di bukit Condrodipo, Kabupaten Gresik, Selasa (11/5/2021). 

SURYA.CO.ID, GRESIK - Hilal 1 Syawal 1442 Hijriah belum terlihat di Bukit Condrodipo, Dusun Srembi, Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik. Disebutkan, hilal berada empat derajat di bawah ufuk.

Peserta rukyat dari Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) sebanyak 25 orang, kemudian Pemkab Gresik 25 orang dan Kemenag Gresik serta dari Pengadilan Agama Gresik.

Wakil Ketua LFNU Gresik, Muchyiddin Hasan mengatakan, hasil rukyatul hilal pada sore hari ini tidak bisa melihat hilal.
Secara hisab dari beberapa metode juga menyatakan bahwa hilal pada tanggal 29 Ramadhan ini kondisinya hilal masih di bawah ufuk.

"Hilal masih di bawah ufuk sekitar -4° sehingga hilal tenggelam lebih dahulu daripada matahari. Sehingga dipastikan bahwa laporan hari ini hilal tidak terlihat," ucapnya, Selasa (11/5/2021).

Pihaknya langsung melaporkan hasil rukyatul hilal di Bukit Condrodipo kepada PBNU dan Kementerian Agama sebagai bahan sidang isbat.

"Kepastian 1 Syawal kami sebagai pelaksana rukyat, nanti yang memutuskan adalah menteri agama selaku pimpinan sidang isbat, kami hanya pelaksana melaksanakan laporan," terang Muchyiddin.

Humas LFNU Gresik, Angga Purwancara menerangkan, apapun hasilnya langsung disampaikan kepada PBNU, Kementerian agama.

"Hasil rukyatul hilal tidak terlihat dan langsung kami laporkan," terangnya.

Penulis: Willy Abraham
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved