Breaking News:

Berita Lamongan

Hasil Rukyatul Hilal di Tanjung Kodok Negatif, NU-Muhammadiyah Akan Shalat Ied Bersamaan

Pelaksanaan Rukyatul Hilal yang akan menentukan 1 Syawal untuk jadwal Idul Fitri 1442 Hijriyah, juga dilaksanakan di Lamongan, Selasa (11/5/2021) sore

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Deddy Humana
surya/hanif manshuri
Badan Hisab Rukyat (BHR) Kabupaten Lamongan melaksanakan Rukyatul Hilal di Tanjung Kodok, Kecamatan Paciran, Lamongan. BHR tidak dapat melihat keberadaan hilal, Selasa (11/5/2021). 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Pelaksanaan Rukyatul Hilal yang akan menentukan 1 Syawal untuk jadwal Idul Fitri 1442 Hijriyah, juga dilaksanakan di Lamongan, Selasa (11/5/2021) sore.

Dan hasil pemantauan Badan Hisab Rukyat (BHR) Kabupaten Lamongan di Tanjung Kodok, Kecamatan Paciran, ternyata negatif karena tidak melihat keberadaan hilal.

Dengan tidak terlihatnya hilal itu, maka dua ormas besar Islam di Indonesia, yaitu Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah dipastikan sepakat bahwa 1 Syawal yang merupakan jadwal shalat Idul Fitri 1442 Hijriyah jatuh di hari yang sama yakni Kamis (13/5/2021).

Hilal menjadi salah satu pertanda untuk menentukan Hari Raya Idul Fitri. Wakil Ketua BHR Lamongan, Khoirul Anam mengungkapkan, posisi Hilal berada di bawah ufuk sekitar 3,5 derajat, sehingga tidak dapat terlihat.

"Cuaca di Tanjung Kodok sebenarnya cukup cerah, bahkan matahari tenggelam bisa teramati dengan baik. Namun karena posisi hilal di bawah ufuk sekitar 3,5 derajat, maka secara teoritis Hilal tidak mungkin terlihat," kata Anam usai melaksanakan Rukyatul Hilal, kepada SURYA.

Karena Hilal tidak terlihat, menurut Anam, maka untuk menentukan Idul Fitri dilakukan dengan Istikmal atau membulatkan puasa 30 hari."Dan Idul Fitri 1442 Hijriyah jatuh di hari Kamis, 13 Mei 2021 Masehi," katanya.

Penetapan Idul Fitri, kata Anam, juga dari Sidang Isbat oleh berbagai unsur yang dipimpin Menteri Agama RI. "Untuk penetapan Idul Fitri tadi sudah diumumkan langsung oleh Menteri Agama RI," tambahnya. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved