Breaking News:

Berita Lamongan

Selain Layani Masyarakat 474 Desa dengan Mobil Sehat, Bupati Lamongan Juga Siapkan Home Care Service

Penyerahan itu dilakukan simbolis kepada tujuh desa, sehingga sejauh ini sudah ada 432 unit Mobil Sehat yang sudah diserahterimakan.

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Deddy Humana
surya/hanif manshuri
Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi dan Wabup Abdul Rouf mencoba fasilitas mobil sehat yang dilengkapi fasilitas cuci tangan saat penyerahan di pelataran Dinkes, Senin (10/5/2021). 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Meningkatnya kualitas kesehatan masyarakat Lamongan tetap menjadi modal untuk memacu pembangunan di bidang kesehatan. Perwujudan dari upaya pelayanan kesehatan masyarakat itu dilakukan Pemkab Lamongan dengan meluncurkan armada Mobil Sehat ke sejumlah desa, Senin (10/5/2021).

Peluncuran 70 unit Mobil Sehat di halaman Dinas Kesehatan (Dinkes) Lamongan itu merupakan penambahan dari program sebelumnya. Penyerahan itu dilakukan simbolis kepada tujuh desa, sehingga sejauh ini sudah ada 432 unit Mobil Sehat yang sudah diserahterimakan.

"Jadi tinggal 42 desa yang belum menerima Mobil Sehat. Tetapi kami akan terus upayakan agar seluruh desa di Lamongan mendapat jatah Mobil Sehat untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan," kata Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi.

Menurutnya, tidak hanya sarana Mobil Sehat yang akan diusahakan. Namun lebih dari itu, ia mengajak insan-insan kesehatan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Sedangkan Mobil Sehat itu bisa dioperasionalkan pihak desa untuk membantu masyarakat, misalnya yang memerlukan transportasi ke fasilitas kesehatan, atau situasi darurat.

“Alhamdulillah, indeks kesehatan masyarakat Lamongan terus mengalami kenaikan. Kesehatan merupakan salah satu indikator capaian indeks pembangunan manusia (IPM) di Lamongan. Pemberian Mobil Sehat adalah salah satu cara kita meningkatkan indeks layanan kesehatan,” ungkapnya.

Indeks layanan kesehatan ini bertujuan mendekatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Tekat Yuhronur dalam meningkatkan pelayanan kesehatan juga akan diperluas dengan program Home Care Service. Ini adalah program pelayanan perawatan kesehatan di rumah warga miskin yang sakit.

“Ke depan saya mempunyai program Home Care Service. Home Care Service ditujukan untuk memberikan pelayanan ke rumah-rumah, " katanya.

Lewat program ini, pemkab mencoba melakukan jemput bola pelayanan ke rumah untuk masyarakat yang rentan dan tidak mampu pergi ke Puskesmas dan sebagainya. Sehingga mereka perlu dikunjungi dan dijaga dengan program Home Care Service ini.

Bisa dipastikan, pemkab akan mencukupi mobil kesehatan untuk semua desa yakni, 474 desa/kelurahan. Dan program ini diharapkan mampu terus memberi manfaat kepada masyarakat serta mengungkit indeks kesehatan di Lamongan. " Dengan begitu, indeks pembangunan masyarakat bisa meningkat dan lebih baik," ujar Yuhronur.

Selain itu, Yuhronur mengingatkan kepada masyarakat Lamongan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan meski di Lamongan sudah keluar dari zona oranye. Ditambahkan Kepala Dinas Kesehatan Lamongan, Taufik Hidayat, dari 27 kecamatan d 21 kecamatan sudah berada di zona hijau dan masih 6 kecamatan masuk zona kuning.

“Kami terus berkomitmen melayani masyarakat dengan meningkatkan kualitas pelayanan melalui mobil sehat,” kata Taufik. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved