Breaking News:

Berita Jember

Jember Dapat Kuota 4.305 Formasi Pegawai Pemerintah untuk 2021, Rekor Terbanyak Tetapi Belum Ideal

Bagi mereka yang menginginkan formasi tersebut, lanjut Hendy, diminta segera mengurus dokumennya.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Deddy Humana
surya/sri wahyunik
Bupati Jember, Hendy Hendy menjawab wartawan usai melantik pejabat kepala desa di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Sabtu (8/5/2021) sore. 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Kabar menggembirakan muncul di awal pemerintahan Bupati Jember, Hendy Siswanto terkait turunnya kuota pegawai di Kabupaten Jember untuk tahun 2021 ini.

Karena Kabupaten Jember mendapatkan jatah kuota 4.305 pegawai yang terdiri dari 634 formasi untuk rekrutmen CPNS dan 3.671 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Jumlah kuota calon abdi masyarakat di Jember itu merupakan rekor terbanyak di Jatim. Bupati Jember Hendy Siswanto menyebutkan itu sebagai kabar gembira bagi dirinya dan warga Jember.

"Saya informasikan, kalau ada kabar menggembirakan. Alhamdulillah, tahun 2021 ini Kabupaten Jember mendapatkan jatah rekrutmen pegawai baru sebanyak 4.305 formasi. Ada CPNS dan P3K," ujar Hendy usai melantik pejabat kepala desa di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Sabtu (8/5/2021) sore.

Ke-634 formasi CPNS itu sebagian besar untuk tenaga kesehatan. Sedangkan 3.671 formasi P3K semuanya untuk tenaga pendidik SD dan SMP di Jember.

"Subhanallah, ini pemegang rekor terbanyak di Jawa Timur. Kami sudah dapatkan suratnya dari Menpan-RB. Teman-teman jurnalis, tolong infokan kabar bahagia ini kepada saudara kita yang membutuhkan," ujar Hendy.

Bagi mereka yang menginginkan formasi tersebut, lanjut Hendy, diminta segera mengurus dokumennya. Warga bisa membuka laman Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi terkait pengumuman rekrutmen CPNS dan P3K.

Hendy menyebut, kemungkinan Juni, tahapan rekrutmen tersebut akan dimulai. Ia menambahkan, kabar itu menjadi kado istimewa juga bagi ulang tahunnya yang ke-59 pada 6 Mei lalu.

Apalagi, lanjutnya, selama dua tahun yakni 2019 dan 2020, Kabupaten Jember tidak mendapatkan kuota rekrutmen aparatur sipil negara dari pemerintah pusat.

Formasi CPNS dan P3K itu diajukan oleh Pemkab Jember pada 2020 lalu. BKPSDM Pemkab Jember menyetorkan 728 formasi untuk CPNS, dan 3.774 formasi tenaga pendidik melalui P3K.

Dan meski total ada lebih dari 4.000 formasi yang diberikan kepada Jember, tetap saja jumlah ASN Jember masih belum ideal. Menurut Hendy, Pemkab Jember masih kekurangan 8.000 ASN.

"Jika tahun ini mendapatkan 4.000 lebih, dan semoga tahun depan dapat lagi kuota 4.000. Maka sudah mencukupi untuk Kabupaten Jember," pungkas Hendy. ***

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved