Breaking News:

Berita Jember

PMI Asal Jember Akhirnya Jalani Karantina di Hotel Kebonagung Sebelum Pulang ke Rumah

Pemkab Jember akhirnya mengarantina Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang datang ke Kabupaten Jember.

Istimewa/Polsek Kaliwates
PMI asal Jember yang dikarantina di Hotel Kebonagung, Jumat (7/5/2021). 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember akhirnya mengarantina Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Jember, yang datang ke Jember. Mereka dikarantina di Hotel Kebonagung, sebuah hotel milik Pemkab Jember di Kecamatan Kaliwates.

Karantina atau isolasi bagi PMI di hotel tersebut mulai diberlakukan pada Jumat (7/5/2021) malam.

Pada gelombang kedatangan sebelumnya, para PMI itu melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing, sampai ada tes swab kedua.

Namun mulai Jumat (7/5/2021), Satgas Covid-19 Kabupaten Jember mulai menerapkan kebijakan lain. Jumat malam, 31 orang PMI yang baru tiba di Jember melalui Bandara Juanda dan sudah dua hari menjalani karantina di Asrama Haji Sukolilo, meneruskan karantina di Hotel Kebonagung.

Pada Sabtu (8/5/2021) ini, dijadwalkan 20 orang PMI juga menyusul.

"Ya, memang sekarang untuk PMI yang baru tiba di Jember, kami lakukan karantina di Hotel Kebonagung. Total karantina lima hari, termasuk dengan yang di Surabaya," ujar Bupati Jember, Hendy Siswanto, Sabtu (8/5/2021).

Pihaknya memberlakukan kebijakan itu seiring munculnya varian baru atau mutasi virus Corona. Ada tiga varian baru virus tersebut yakni B.1.1.7 dari Inggris, B.1.617 dari India dan B.1.351 dari Afrika Selatan.

"Dan di Jawa Timur sudah ditemukan satu kasus. Karenanya, kami harus benar-benar ekstra waspada terkait kedatangan PMI ini, yang mungkin gelombang kedatangannya akan terus. Para PMI itu akan pulang setelah dinyatakan negatif dari hasil swab kedua," tegas Hendy.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Jember, dr Wiwik Supartiwi menambahkan, PMI tersebut menjalani karantina selama lima hari.

"Dua hari di Surabaya setelah dinyatakan negatif dari hasil swab. Kemudian tiga hari di Jember, dan di hari ketiga, kami lakukan swab lagi," ujar Wiwik.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved