Breaking News:

Berita Jember

Info Larangan Mudik di Jember, Petugas Sudah Dirikan Lima Pos Penyekatan di Jalur Perbatasan

Larangan mudik lokal juga diterapkan di Kabupaten Jember. Pemberlakukan larangan mudik lokal ini berlaku per 8 Mei hingga 17 Mei.

Istimewa/Satlantas Polres Jember
5 Titik Pos Penyekatan Kabupaten Jember 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Akhirnya mudik antar kabupaten pun dilarang. Mudik antar kabupaten atau kota ini beberapa waktu terakhir dikenal dengan istilah mudik lokal. Larangan mudik lokal ini juga diterapkan di Kabupaten Jember.

Pemberlakukan larangan mudik lokal ini berlaku per 8 Mei hingga 17 Mei. Penerapan mudik lokal ini diikuti dengan pendirian pos penyekatan. Di Kabupaten Jember, ada lima pos penyekatan yang mulai berdiri, Sabtu (8/5/2021).

Kelima pos penyekatan itu ada di Pos Pondok Dalem, Pos Jombang di POlsek Jombang, Pos Sukowono di Lapangan Kecamatan Sukowono, Pos Garahan Kecamatan Silo dan Pos Balai Desa Jelbuk.

Sebelumnya di Jember hanya berdiri pos pengamanan dan pemantauan yakni Pos Alun-Alun Jember, Pos Roxy, Pos Pancer Puger, dan Pos Watu Ulo - Papuma. Empat pos pengamanan dan pemantauan itu sudah berdiri sejak 6 Mei lalu.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Jember, AKP Jimmy H Manurung membenarkan jika kini di Kabupaten Jember juga didirikan pos penyekatan tersebut.
Menurutnya, sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19, pemerintah mengeluarkan aturan baru tentang mudik lokal, yakni melarang mudik lokal di wilayah Aglomerasi atau Rayon, seperti yang diberitakan beberapa waktu lalu bahwa mudik lokal dibolehkan.

"Adanya peraturan baru dari tim Gugus Tugas Covid-19 pemerintah pusat, bahwa semua masyarakat dilarang untuk mudik," ujar Jimmy, Sabtu (8/5/2021)

Untuk memecah kebingungan masyarakat terkait larangan mudik lokal di wilayah aglomerasi, Jimmy menegaskan, bahwa pemerintah melarang apapun bentuk mudik, entah itu antar lintas provinsi, kabupaten/kota dan aglomerasi.

Larangan itu diberlakukan guna mencegah interaksi fisik sebagai cara transmisi virus dari satu orang ke orang lain.

"Namun perlu ditekankan bahwa kegiatan lain selain kegiatan mudik, khususnya di sektor kebutuhan pokok dan penting, akan tetap beroperasi tanpa penyekatan apapun demi melancarkan kegiatan sosial ekonomi daerah," imbuhnya.

Lima pos penyekatan itu berada di jalur perbatasan Jember yang berbatasan dengan daerah tetangga, yakni Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso, serta Lumajang.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved